Advertisement

AS Tak Punya Satu Pun Langkah Strategis untuk Hadapi Serangan Siber dari China

Nugroho Nurcahyo
Senin, 25 Juni 2018 - 23:48 WIB
Nugroho Nurcahyo
AS Tak Punya Satu Pun Langkah Strategis untuk Hadapi Serangan Siber dari China Ilustrasi Hacker - Sputniknews

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKWA—Kendati ancaman pencurian siber atau peretasan terus-menerus muncul dari China, pemerintah AS tidak memiliki strategi yang kuat untuk melindungi data di tingkat militer dan intelijen.

Anggota Kongres AS Mac Thornberry (R-TX), yang mengetuai Komisi Layanan Bersenjata AS, mengatakan tindakan yang mengancam dari Beijing melibatkan spionase industri, pencurian siber besar-besaran, pengiriman mahasiswa pascasarjana untuk belajar di universitas Amerika, mendirikan organisasi transfer teknologi di China, dan mendirikan asosiasi di AS untuk membajak para ahli teknologi di AS untuk dipekerjakan di China.

Advertisement

"Pemerintah AS tidak memiliki kebijaka komprehensif, atau alat, untuk mengatasi transfer teknologi besar-besaran ke China. Dan pemerintah AS tidak memiliki pandangan menyeluruh seberapa cepat transfer teknologi ini [akan] terjadi, tingkat investasi China di AS, dan lain sebagainya, termasuk teknologi mana dan apa yang harus kita lindungi, " kata Thornberry di Capitol Hill, Kamis (21/6/2018) mengutip laporan Investigasi Unit Inovasi Pertahanan (DIUx) baru-baru ini.

"Kita tidak memiliki strategi untuk melawan apa yang telah terjadi," kata Wakil Republikan, Adam Smith (D-WA), dalam sidang panel ahli di depan Kongres itu. "Kami mendapat briefing kemarin, dan itu menunjukkan betapa tidak terorganisasi dan tidak siapnya kita. Dan terus terang [kita] sama sekali tidak mengerti [mana] cabang militer yang telah dilanggar."

Smith tidak merinci pelanggaran apa yang ada dalam pikirannya dan stafnya menolak mengungkapkan rinciannya setelah sidang. Demikian USNI News melaporkan Kamis dan dikutip Sputniknews, Senin (25/6/2018).

Beberapa pekan lalu, sekitar 614 gigabita data proyek rahasia militer AS, telah dicuri oleh peretas dari China. Pencurian dataitu berdampak insidentil terungkapnya rencana rahasia Angkatan Laut AS tdalam mengembangkan rudal anti-kapal supersonik yang akan digunakan oleh kapal selam sekitar 2020-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Sputniknews International

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 20 April 2024: Giliran Sleman dan Kota Jogja, Cek Lokasinya!

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement