Advertisement

Mengapa Tak Boleh Isi Daya Smartphone di Sembarang Tempat? Ini Peringatan Kominfo

Newswire
Jum'at, 20 April 2018 - 13:50 WIB
Bhekti Suryani
Mengapa Tak Boleh Isi Daya Smartphone di Sembarang Tempat? Ini Peringatan Kominfo Ilustrasi Mengisi Daya Smartphone. - Pixabay.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperingatkan masyarakat untuk waspada saat mengisi daya smartphone alias ponsel pintar di tempat umum.

Kehabisan baterai di tempat umum memang terkadang membuat frustasi. Namun, hal ini bisa teratasi dengan banyaknya tempat pengisian daya smartphone gratis yang terletak di tempat-tempat umum.

Advertisement

Namun ternyata, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), masyarakat harus waspada terhadap tempat ini. Hal ini dikarenakan bisa saja ada pihak yang tak bertanggungjawab dan mencuri data dari perangkat Anda.

"Apakah pernah mengisi daya perangkat mobile-mu di tempat umum? Kalau begitu, perhatikan nih agar data dalam perangkatmu tetap aman ya," tulis Kominfo dalam akun Instagram mereka, Jumat (20/4/2018).

Pihak Kominfo menyebutkan kasus ini sebagai juice jacking. Bahasa sederhananya adalah pembajakan data smartphone melalui kabel data USB saat melakukan pengisian daya di tempat umum.

Selain adanya potensi pengambilan data, juice jacking ini juga diduga akan menyematkan kode berbahaya ke perangkat korban mereka. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi para korbannya. Oleh karenanya, Kominfo pun memiliki beberapa tips bagi Anda agar terhindar dari potensi berbahaya juice jacking:

1. Tidak mengisi ulang perangkat mobile di tempat-tempat publik dengan port USB.

2. Memakai kepala charger beserta kabel USB milik sendiri untuk dihubungkan langsung ke sumber listrik.

3. Memakai powerbank.

4. Membiasakan untuk mematikan smartphone saat mengisi daya guna menghindari pemindahan data.

5. Gunakan kabel USB yang ditujukan hanya untuk mengisi daya saja.

Jadi, jika lain kali Anda kehabisan daya di tempat umum, sebaiknya untuk berpikir dua kali untuk mencolokkan smartphone kesayangan Anda ke pengisian daya umum untuk terhindar dari bahaya juice jacking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement