SUKSESI REKTOR UGM : Panut Mulyono Terpilih Menjadi Rektor UGM

Rektor terpilih UGM 2017-2022, Panut Mulyono. (Foto istimewa - ugm.ac.id)
17 April 2017 16:17 WIB News Share :

Suksesi Rektor UGM memasuki puncaknya, Panut Mulyono terpilih menjadi rektor

Harianjogja.com, JOGJA - Dominasi Fakultas Teknik tetap berlanjut dalam pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) periode 2017-2022.
Hal tersebut menyusul kemenangan Dekan Fakultas Teknik Panut Mulyono dalam proses pemilihan rektor yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) di Balai Senat UGM, Senin (17/4/2017) siang.

Panut mengalahkan dua pesaingnya, yakni Dekan Fisipol Erwan Agus Purwanto dan Dekan Fakultas Peternakan Ali Agus.

Pertarungan terakhir tiga dekan, Ali Agus, Erwan Agus Purwanto dan Panut Mulyono di hadapan MWA berlangsung cukup sengit. Ketiganya saling beradu kreativitas visi dan misi untuk merebut perhatian anggota MWA sebelum akan dilangsungkan proses pemilihan.

Sebanykak 18 dari 19  anggota MWA hadir untuk memberikan pilihan mereka pada ketiga kandidat yang maju sampai tahap terakhir. Satu anggota MWA tidak hadir adalah Wakil Meteri Keuangan Wardiasmo.

Adapun jumlah surat suara untuk menentukan kandidat terpilih adalah 25 surat suara. Tambahan jumlah suara karena Menteri Riset Teknolologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) diberikan hak 35% suara dari jumlah anggota MWA sehingga ada tambahan sembilan surat suara dari jumlah anggota MWA yang hadir sebanyak 18 orang.

Proses pemilihan untuk menentukan rektor terpilih pun sampai harus dilakukan tiga kali. Pasalnya dari ketiga kandidat tidak ada yang meraih kemenangan di atas 50%. Di pertarungan pertama, Panut sudah unggul dengan 11 suara, dua pesaingnya Erwan dan Ali Agus masing-masing mendapat tujuh suara.

Dengan hasil itu, Erwan dan Ali Agus harus bertanding ulang untuk menantang Panut. Di putaran kedua, Ali Agus berhasil meraih 13 suara, sementara Erwan mendapat 12 suara.

Dengan hasil ini putaran penentu diikuti Panut dan Ali Agus. Tapi lagi-lagi Panut tetap bisa mendulang suara lebih banyak. Dia mendapat 15 suara sedangkan Ali Agus meraih 10 suara.

Ketua Panita Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM Indarto menyatakan proses pemilihan berjalan lancar. Menurut Indarto, Menristekdikti Mohammad Natsir dalam hal tersebut tidak bisa hadir.

"Beliau [Menristekdikti] diwakili Dirjen Belmawa Intan Ahmad," ujarnya kepada wartawan usai proses pemilihan.