KISAH UNIK : Bekukan 5.000 Hewan Laut, Taman Hiburan Jepang Ini Diprotes

Atraksi hewan laut membeku di sebuah gelanggang es Taman Hiburan Jepang (Facebook)
28 November 2016 22:30 WIB Mediani Dyah Natalia News Share :

Kisah unik mengenai Taman Hiburan di Jepang yang membekukan hewan laut.

Harianjogja.com, JEPANG -- Sebuah Taman Hiburan di Jepang membekukan 5.000 hewan laut sebagai hiasan gelanggang es untuk berselancar. Peristiwa ini mendapat reaksi keras. Publik pun meminta tempat itu ditutup paksa pada Minggu (27/11/2016).

Senin (28/11/2016), CNN menulis, ikan, kepiting dan hewan laut lain dibekukan dalam atraksi musim dingin yang disebut "Pelabuhan Es" di Taman Hiburan Space World, Jepang tersebut.

Dalam iklannya, Taman Hiburan ini menyatakan dirinya sebagai yang pertama di dunia dan menampilkan gambar ikan membeku di akun media sosial Facebook dengan keterangan "Aku tenggelam, aaaku tercekik."

Manajer Space World, Toshimi Takeda kepada CNN, Senin (28/11/2016) reaksi keras di sosial media ini bermunculan saat atraksinya ditampilkan di sebuah stasiun televisi lokal.

"Kami terkejut mendengar reaksi, padahal gelanggang es ini sangat populer saat dibuka dua minggu lalu, kami mendapat jumlah pengunjung yang tak terduga," kata dia.

"[Namun] kami mendapat banyak tanggapan tentang program ini, kami benar-benar terkejut. Kami memohon maaf atas program ini dan memutuskan untuk menutup gelanggang es pada malam itu."

Takeda menyatakan taman akan mencairkan gelanggang es dan memindahkan es lalu menggelar sebuah upacara kehormatan, kemudian membuat hewan laut itu menjadi pupuk. Dia mengatakan hewan ini dibeli dari pasar ikan lokal, bukan mati karena dibekukan.

Ketika berita mengenai Pelabuhan Membeku dirilis pada Sabtu (26/11/2016), respon di media sosial bergulir cepat.

"Mengapa berseluncur di atas ikan membeku menyenangkan? kata sebuah akun Facebook atas nama Relief Pain Animals. "Sangat menyedihkan ide ini muncul di Jepang. Atraksi ini adalah yang terburuk untuk dunia pendidikan."

Sementara pengguna sosial media menyatakan kemarahan atas atraksi baru ini.

"Benar-benar membuat kecewa. Kalian pikir anak-anak akan bahagia melihat ikan membeku di gelanggang es?" tulis Miura Tsubasa.

"Kalian tidak punya hati untuk menggelar atraksi seperti ini," imbuh Misaki.

Dalam pernyataan resminya Space World memohon maaf kepada mereka yang merasa gelanggang es ini membuat tak nyaman.

"Karena itu kami membatalkan atraksi Museum Es hari ini," tulis Space World secara resmi dalam rilisnya.

Seluruh unggahan mengenai atraksi ini di akun Facebook Space World juga telah dihapus.