BANGUNAN CAGAR BUDAYA : Polisi Cari Teman Bule yang Kotori Tugu

Petugas tengah membersihkan sisa siraman cat merah pada Tugu Pal Putih (JIBI/Harian Jogja - Ujang Hasanudin)
06 Juli 2015 09:19 WIB Ujang Hasanudin News Share :

Bangunan cagar budaya Tugu Jogja dikotori dengan cat warna merah.

Harianjogja.com, JOGJA-Seorang turis asal Republik Ceko, Yit Kampak MGA menyiram Tugu Pal Putih dengan cat merah, Minggu (5/7/2015). Tidak diketahui apa maksud yang dilakukan wanita berusia sekitar 40 tahun tersebut. (Baca Juga : http://jogja.solopos.com/baca/2015/07/05/bangunan-cagar-budaya-bule-siram-tugu-jogja-dengan-cat-merah-ini-penyebabnya-621239">BANGUNAN CAGAR BUDAYA : Bule Siram Tugu Jogja dengan Cat Merah, Ini Penyebabnya)

Peristiwa mengotori tugu kebanggaan warga Jogja itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Wanita itu menyebut-nyebut nama UU yang diakui sebagai temannya. Namun ia tidak menemukan temannya tersebut. Ia kemudian melampiaskan kekesalannya dengan menyiramkan cat warna merah ke Tugu.

Di Markas Polresta Jogja, pelaku enggan berbicara meski sepatah kata. Tubuh dan pakaiannya dipenuhi dengan cat merah dan cat hitam. Namun saat awak media akan menngambil gambarnya ia buru-buru menutup muka. Ia juga sempat diam beberapa saat ketika Polwan akan membawanya ke dalam ruangan. Setelah polisi melarang wartawan mengambil gambar, bule itu kemudian mau mengikuti polisi.

Menurut Kapolresta Jogja, pihaknya telah memerintahkan penyidik untuk membawa wanita bule itu menemui teman yang dicarinya di wilayah Kasihan, Bantul.

"Mungkin setelah bertemu temannya pelaku mau bicara terkait motifnya mengotori Tugu," kata Prihartono.

Pantauan Harianjogja.com, cat merah menempel di beberapa bagian bawah tugu. Yang paling kotor terlihat dari bagian selatan. Petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja langsung membersihkan tugu, siang itu juga, kemudian dicat kembali dengan cat putih.