OLIMPIADE SAINS NASIONAL : 2.500 Siswa Berprestasi Berlomba Sains di Jogja

Bisnis/RachmanINOVASI SISWA SMASeorang siswa menjelaskan maket tata kota kawasan industri hasil kreasi kelasnya, pada expo inovasi sains "Fivelive Enveron Inspire to Act", di SMAN 5 Bandung, Jawa Barat, Senin (24 - 2). Pameran menampilkan 20 karya inovasi siswa SMAN 5 Kota Bandung yang mengusung permasalahan lingkungan. Dengan inovasi dari para siswa tersebut diharapkan menjadi solusi untuk permasalahan seperti banjir, kemacetan, rumah kumuh, dan sampah.
20 Mei 2015 06:20 WIB Bhekti Suryani News Share :

Olimpiade Sains Nasional (OSN) digelar di Jogja. Ribuan siswa berpreetasi berlomba menjadi pemenang

Harianjogja.com, BANTUL- Lebih dari 2.500 siswa SD dan SMA sederajat mengikuti Olimipiade Sains Nasional (OSN) di Jogja pada 18-24 Mei 2015.

Ajang perlombaan di bidang sains dan teknologi yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu diikuti peserta didik jenjang SD sederajat, SD Luar Biasa (SDLB), SMA sederajat serta SMA Luar Biasa (SMALB) atau inklusi.

"Hanya tingkat SMP yang pelaksanaannya digelar di Palu, Sulawesi Tengah," terang Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Jazidie, dalam jumpa pers, Selasa (19/5/2015) di gedung Jogja Expo Center (JEC).

Sejumlah bidang keilmuan yang dilombakan pada OSN ke-14 tahun ini antara lain bidang Matematika, Fisika, Kimia, Teknologi Informatika/komputer, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi dan Ekonomi.

"Dari tahun ke tahun, kualitas soal yang kita gunakan untuk OSN semakin mengikuti standar internasional," lanjutnya.

Ahmad Jaziedi menambahkan, peserta OSN yang berlomba di Jogja adalah perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Mereka sebelumnya melalui proses seleksi sejak dari tingkat kecamatan.

"Yang menjadi juara OSN di kecamatan maju ke tingkat kabupaten, yang menang di kabupaten maju ke provinsi dan sekarang di tingkat nasional," paparnya.

OSN dinilai sebagai kegiatan yang penting untuk mencari bibit-bibit berkualitas yang kelak akan memajukan sains di Indonesia. Bangsa yang besar akan selalu didukung oleh para ahli sains.

Ia menambahkan, para pemenang OSN tingkat nasional akan didampingi dan memperoleh beasiswa. Mereka akan mewakili Indonesia di ajang olimpiade internasional.

OSN 2015, dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di gedung JEC. Sementara untuk tempat pelaksanaan lomba menyebar di sejumlah hotel di Jogja.