KAMPUS JOGJA : UMY Tuan Rumah Kontes Robot Nasional

Tim Robot Airlangga Strike Team Robotic and Instrumentation (Astrai) Univeristas Airlangga (Unair) Surabaya menunjukan robot pemadam api di Gedung Rektorat Unair Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/5/2015). Tim robot tersebut berhasil mendapatkan juara pertama dala, Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV Divisi Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) Berkaki. (JIBI/Solopos/Antara - Herman Dewantoro)
08 Mei 2015 23:20 WIB Mediani Dyah Natalia News Share :

Kampus Jogja, UMY mendapat kesempatan menjadi tuan rumah KRI.

Harianjogja.com, BANTUL-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menunjuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional pada 11-14 Juni 2015. Jumlah peserta diperkirakan mencapai 102 tim.

Ketua Umum penyelenggara KRI Tingkat Nasional, Slamet Riyadi menjelaskan ada empat kategori perlombaan yang akan diselenggarakan pada KRI, yakni, Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

Slamet menyampaikan semua pemain yang menjadi juara pada kategori KRAI, KRSBI, dan KRPAI akan bertanding kembali di tingkat internasional. Pemenang KRAI nantinya, tambah dia, akan melanjutkan pertandingannya pada Kontes Robot ABU Internasional, pemenang KRSBI dikirim menjadi perwakilan Indonesia pada Robot Soccer Competition International dan juara nasional KRPAI akan dikirim ke Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2015.

"Untuk lomba robot pemadam api internasional tersebut selalu diselenggarakan di Amerika. Tapi untuk Robot Soccer negara penyelenggaranya selalu berpindah-pindah," ungkapnya.