Advertisement

Baiq Nuril Disarankan Lapor Balik Soal Pelecehan yang Ia Alami

Newswire
Minggu, 18 November 2018 - 16:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Baiq Nuril Disarankan Lapor Balik Soal Pelecehan yang Ia Alami Ilustrasi pelecehan seksual - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Baiq Nuril Maknun disarankan oleh Komisi III DPR RI untuk melaporkan balik apabila merasa menjadi korban pelecehan seksual melalui percakapan telepon yang dilakukan Muslim, kepala SMAN 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kalau itu memang kategori pelecehan, dia harus melaporkan balik kepala sekolah itu," kata anggota Komisi III Muhammad Syafii kepada Okezone, Minggu (18/11/2018).

Advertisement

Nuril adalah perempuan asal Mataram yang menjadi terdakwa kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi Teknologi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ia sempat dinyatakan bebas di Pengadilan Negeri pada 26 Juli 2017 atas laporan Kepala SMAN 7 Mataram Muslim.

Nuril dilaporkan karena merekam percakapan telepon yang bernuansa mesum. Mejelis hakim PN Mataram menyatakan Nuril tidak terbukti mencemarkan nama baik atas tindakan tersebut.

Kasus itu kemudian naik ke Mahkamah Agung (MA), dan Nuril dinyatakan bersalah oleh hakim agung pada 26 September. Petikan putusan kasasi dengan nomor 574K/Pid.Sus/2018 baru diterima oleh tim kuasa hukum Nuril pada Jumat, 9 November 2019.

Syafii mengatakan, apabila Nuril merasa dirugikan dengan putusan kasasi dan yakin kasus itu pelecehan seksual, sebaiknya melaporkan kasus tersebut.

"Jadi jangan berhenti dan menyerah dengan apa yang dia terima hari ini. Kalau memang itu termasuk dalam delik pelecehan seksual, dia berhak untuk melaporkan kepala sekolah itu, dan kita harus dukung," tegas Syafii yang juga anggota Dewan Penasihat DPP Partai Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bangun TPR Sementara, Pemkab Bantul Anggarkan Rp800 Juta

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement