Advertisement

Alhamdulillah, Turis Mancanegara yang Tersesat di TNTP Ditemukan

Newswire
Selasa, 11 September 2018 - 18:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Alhamdulillah, Turis Mancanegara yang Tersesat di TNTP Ditemukan Kapal yang digunakan untuk berlayar membelah Sungai Sekonyer di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, PANGKALAN BUN-Dua turis mancanegara dan seorang pemandu wisata yang tersesat di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada Senin (10/9/2018) telah berhasil ditemukan tim pencari pada Selasa (11/9/2018) siang.

Ketiganya ditemukan tidak jauh dari lokasi pemberian makan orangutan di sekitar Camp Pondok Tanggui TNTP dan kondisinya sehat bugar, kata Staf Orangutan Foundation Indonesia Fajar Dewanto, yang ikut dalam tim pencari, saat dihubungi dari Pangkalan Bun, Selasa.

Advertisement

"Mereka memang tersesat setelah memilih hiking ke dalam hutan usai menyaksikan pemberian makan orangutan. Tapi pas akan pulang ke Camp Pondok Tanggui TNTP, mereka kebingungan mencari jalan. Apalagi saat itu kondisi sedang hujan," beber dia.

Adapun dua turis mancanegara yang berasal dari Prancis tersebut bernama Alban Dudek kelahiran tahun 1980, dan Jean Luc Dudek kelahiran tahun 1961. Sedang pemandu wisata dua turis mancanegara itu bernama Aldy.

Fajar menceritakan, awalnya pemandu dua turis itu ingin melanjutkan perjalanan ketika mendengar suara dari tim pencari. Namun, karena kondisi hujan dan sudah malam hari, melanjutkan perjalanan untuk mencari suara dari tim tersebut dibatalkan dan memilih untuk bermalam serta tidur di hutan.

"Pengakuan ketiganya, mereka memilih tidur di dalam hutan dan tidak melakukan perjalanan. Mereka memang berniat menyimpan tenaga agar besok pagi bisa melanjutkan perjalanan kembali ke camp," kata Fajar.

Sebelumnya Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Thomas Sari Wuwur, saat ditemui di Pangkalan Bun memperkirakan, dua turis mancanegara beserta seorang pemandu wisata tersesat di dalam hutan kawasan Pondok Tanggui Camp.

Dia mengatakan, tersesatnya ketiga orang tersebut diduga menggunakan jalan yang tidak biasa digunakan untuk kembali ke Pondok Tanggui Camp TNTP. Apalagi pemandu wisata bernama Aldi tersebut terbilang baru tiga kali memandu di sekitar TNTP.

"Kami sudah mengirim ke lokasi untuk menggali informasi terkait turis yang hilang, dan kelotok atau perahu bermesin siapa digunakan untuk membawa mereka ke sana," beber Thomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement