Advertisement

Sumatra Utara Siaga 1 untuk Antisipasi Keamanan

Juli Etha Ramaida Manalu
Selasa, 15 Mei 2018 - 10:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Sumatra Utara Siaga 1 untuk Antisipasi Keamanan Kapolda Sumatra Utara (Sumut) Irjen Paulus Waterpauw - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, MEDAN—Kepala Polda Sumatra Utara Irjen Polisi Paulus Waterpauw menyatakan kepolisiannya telah menetapkan status Siaga 1 terkait dengan antisipasi keamanan di Sumatra Utara.

Status siaga 1 menurutnya telah diberlakukan sejak Minggu (13/5/2018) malam. Terkait dengan status ini, sebanyak 2/3 kekuatan yang ada Polda Sumut pun disiagakan.

Advertisement

"Mengantisipasi kejadian yang memang sedikit beruntun sehingga kami menjadikan siaga 1. Itu berlaku tadi malam. 2/3 dari kekuatan yang ada di Polda, jajaran itu kita siagakan masing-masing sembari memonitor situasi di wilayah," jelas Paulus, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, status siaga 1 merupakan gambaran konsolidasi kekuatan agar para anggota kepolisian tidak berkeliaran atau berjalan sendiri-sendiri. Para anggota polisi juga akan disiagakan di pusat-pusat keramaian. Namun, bagi yang tidak diturunkan dalam pengamanan pusat keamanan maupun objek vital lainnya, diminta untuk tetap siaga di mako masing-masing.

"Kenapa siaga satu, itu terkait konsolidasi kekuatan saja sebenarnya, agar anggota tidak berkeliaran, berjalan sendiri-sendiri, mereka tetap datang, tinggal di mako masing masing dan mendapat arahan petunjuk lebih lanjut dari pimpinan," katanya.

Sesuai dengan arahan Kapolri Jendral Tito Karnavian, Paulus mengatakan pihaknya juga akan memprioritaskan pengamanan tempat-tempat ibadah baik gereja, pura, vihara, dan masjid serta tak ketinggalan perketatan pengamanan di markas komando kepolisian baik di Polda, Pilpres, Polsek, juga perumahan-perumahan berikut pusat perbelanjaan dan keramaian lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement