Advertisement

Hasil Survei Indokator Politik: Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Komeng Unggul di Pilkada Jabar 2024

Newswire
Jum'at, 05 Juli 2024 - 06:57 WIB
Ujang Hasanudin
Hasil Survei Indokator Politik: Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Komeng Unggul di Pilkada Jabar 2024 Foto komedian Komeng yang tertera pada surat suara Pemilu 2024. - Tangkapan Layar Video Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Alfiansyah alias Komeng menjadi tiga nama yang unggul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024 dalam dua jenis simulasi.

Dua jenis simulasi tersebut adalah simulasi top of mind dan simulasi semi terbuka. Dalam kedua jenis simulasi itu, nama Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Komeng sama-sama menempati urutan pertama, kedua, dan ketiga.

Advertisement

“Kurang lebih sama dengan pola di top of mind, tadi kan nomor satu Ridwan Kamil, kami juga menemukan hal yang sama dalam simulasi terbuka, peringkat kedua Dedi Mulyadi,” ucap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Pada simulasi top of mind, Ridwan Kamil bertengger pada peringkat pertama dengan angka 16 persen, disusul Dedi Mulyadi pada posisi kedua dengan 11,2 persen dan Komeng di tempat ketiga dengan 0,8 persen.

BACA JUGA: Komeng Ternyata Alumni HMI

Simulasi top of mind merupakan simulasi tanpa memberikan pilihan jawaban kepada responden. Artinya, responden bebas menjawab secara spontan nama yang mereka anggap cocok memimpin Jawa Barat.

“Tetapi, tentu saja simulasi top of mind ini punya keterbatasan karena biasanya warga yang disodori simulasi top of mind itu banyak yang tidak bisa menjawab secara spontan, sehingga undecided voter (pemilih yang belum menentukan pilihan) cenderung besar,” kata Burhanuddin.

Sementara itu, dalam simulasi semi terbuka menempatkan nama Ridwan Kamil masih unggul dengan angka 36,8 persen. Adapun, Dedi Mulyadi juga masih bertengger di posisi kedua dengan 31,9 persen, disusul Komeng dengan 5,6 persen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indikator: Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, Komeng unggul di Pilkada Jabar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Kota Jogja Pastikan Caleg DPRD Terpilih Telah Daftarkan LHKPN

Jogja
| Minggu, 07 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement