Advertisement

Gadai Emas 3,5 Gram di Pegadaian Bisa Langsung Daftar Haji

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 21 Juni 2024 - 09:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Gadai Emas 3,5 Gram di Pegadaian Bisa Langsung Daftar Haji Ilustrasi Umat muslim menunaikan ibadah haji.ist

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Gadai emas senilai 3,5 gram di PT Pegadaian (Persero) bisa dapat dana Rp 25 juta untuk mendaftar haji. Cara seperti ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa tetapi juga untuk usia anak.

Pemimpin PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) XI Semarang Edy Purwanto melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemasaran dan Penjualan Niken Pratiwi menjelaskan, bila perusahaan punya program Pembiayaan Porsi Haji dan Pembiayaan Porsi Haji Plus.

Advertisement

Pertama untuk produk Pembiayaan Porsi Haji mengakomodir nasabah yang ingin berangkat melalui haji reguler. "Untuk daftar haji reguler, nasabah perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 25 juta ke Kementerian Agama (Kemenag) untuk dapat porsi haji. Nah Pegadaian memfasilitasi pinjaman senilai Rp 25 juta itu hanya dengan jaminan emas seberat 3,5 gram," kata dia, Jumat (21/6/2024).

BACA JUGA: Haji 2024, Ini Deretan Temuan BPK

Dengan gadai emas 3,5 gram itu, nasabah bisa melakukan akad dengan pinjaman Rp 25 juta untuk biaya mendaftar porsi haji ke Kemenag setempat.

"Di Jawa Tengah (Jateng) waktu tunggu keberangkatan ibadah haji reguler sekitar 30 tahun setelah mendaftar. Nasabah pengguna program Pembiayaan Porsi Haji di PT Pegadaian begitu mendapatkan dana Rp 25juta langsung didaftarkan dan masuk dalam antrian" kata Niken.

Adapun dana tersebut dapat diangsur mulai 12 bulan hingga maksimal 60 bulan. Pembiayaan Porsi Haji ini juga bisa digunakan untuk mendaftarkan anak yang berusia minimal 12 tahun, namun untuk akad menggunakan namanya orang tuanya.

BACA JUGA: Bank BPD DIY Syariah Sosialisasikan Tabungan Haji Muda di Lingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul

Lebih lanjut, untuk syarat administrasi yang diperlukan selain membawa logam mulia atau perhiasan emas yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan syarat administrasi yang diperlukan untuk mendaftar di Kemenag.

Namun demikian perlu diketahui, PT Pegadaian hanya memfasilitasi untuk mendapatkan porsi haji. "Setelah mendekati waktu keberangkatan ada biaya ONH yang ditetapkan. Nasabah perlu melakukan persiapan dana sendiri untuk pelunasan biaya nya" kata dia.

Pembiayaan Porsi Haji Plus

Selanjutnya, katanya, Pegadaian punya program Pembiayaan Porsi Haji Plus di mana masa tunggu keberangkatan ke tanah suci lebih singkat yakni 5-7 tahun. Melalui program ini, pihaknya memfasilitasi pinjaman untuk uang daftar haji plus sekitar $5.000.

"Jadi PT Pegadaian memfasilitasi itu bila dirupiahkan sekira Rp 79-81 juta. barang jaminan yang diperlukan seberat 7,5 gram," kata Niken melanjutkan.

Kemudahan lain, nasabah tidak perlu ke Kemenag untuk pengurusan administrasi. Pihaknya telah bekerja sama dengan travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang telah mengantoni izin dari Kementrian Agama.

"Yang follow up urusan administrasi ke Kemenag adalah pihak travel PIHK. Sama halnya haji reguler,biaya pelunasan keberangkatan Haji Plus di Kemenag menjadi tanggung jawab nasabah," tutur Niken.

"Hingga 31 Juli 2024 ada gratis biaya administrasi Rp500 ribu dan cashback 2 persen dari total pinjaman untuk Pembiayaan Porsi Haji Plus. Adapun untuk Pembiayaan Porsi Haji reguler, PT Pegadaian punya promo bebas administrasi Rp 270 ribu," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Air Sungai Bawah Tanah di Ngobaran Diaktivasi, Kekeringan di Wilayah Gunungkidul Berkurang

Gunungkidul
| Selasa, 16 Juli 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement