Advertisement

Korban Tewas Penembakan Konser di Crocus Moskow Rusia Bertambah Jadi 143 Orang

Sunartono
Sabtu, 23 Maret 2024 - 22:17 WIB
Sunartono
Korban Tewas Penembakan Konser di Crocus Moskow Rusia Bertambah Jadi 143 Orang Rusia mengatakan telah menangkap 11 orang termasuk empat tersangka pria bersenjata sehubungan dengan penembakan yang menewaskan 143 orang di gedung konser dekat Moskow, serangan paling mematikan di Rusia selama 20 tahun. - Reuters.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Reuters menuliskan jumlah korban penembakan di Konser Crocus City Hall Moskow bertambah jadi 143 orang.

Rusia mengatakan telah menangkap 11 orang termasuk empat tersangka pria bersenjata sehubungan dengan penembakan yang menewaskan 143 orang di gedung konser dekat Moskow, serangan paling mematikan di Rusia selama 20 tahun.

Advertisement

Kelompok militan Negara Islam (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan hari Jumat itu, namun ada indikasi bahwa Rusia berupaya menghubungkan kasus itu dengan Ukraina. Meski pun sudah ada penolakan tegas dari para pejabat Ukraina bahwa Kyiv ada hubungannya dengan serangan tersebut.

BACA JUGA : Belum Ada Laporan WNI Jadi Korban Penembakan Massal di Moskow Rusia

Dinas keamanan FSB mengatakan “keempat teroris” telah ditangkap saat menuju perbatasan Ukraina, dan para pelaku diklaimnya memiliki kontak di Ukraina. Para pelaku ini akan segera dibawa ke Moskow.

“Sekarang kita tahu di negara mana para ba... berdarah ini berencana bersembunyi dari pengejaran,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova melalui Telegram.

Seorang anggota parlemen senior Rusia, Andrei Kartapolov, mengatakan jika Ukraina terlibat, maka Rusia harus memberikan jawaban yang layak, jelas dan konkret di medan perang.

Juru bicara intelijen militer Ukraina Andriy Yusov mengatakan kepada Reuters: "Ukraina tentu saja tidak terlibat dalam serangan teror ini. Ukraina mempertahankan kedaulatannya dari penjajah Rusia, membebaskan wilayahnya sendiri dan berperang melawan sasaran tentara dan militer penjajah, bukan warga sipil."

Dia mengatakan versi FSB bahwa para tersangka ditangkap dalam perjalanan ke Ukraina "tentu saja merupakan kebohongan lain dari dinas khusus Rusia".

Editor TV pemerintah Rusia Margarita Simonyan menerbitkan video salah satu tersangka, seorang pemuda berjanggut, sedang diinterogasi di pinggir jalan. Dia mengatakan jumlah korban tewas meningkat menjadi 143 namun dia tidak memberikan sumber informasinya.

BACA JUGA : Pernyataan ISIS Terkait Penembakan di Rusia: Pejuang Kami Menyerang Pinggiran Moskow, Kembali dengan Selamat

Di sisi lain Komite Investigasi Rusia sebelumnya mengatakan sedikitnya 115 orang tewas dalam serangan itu, di mana orang-orang bersenjata yang mengenakan kamuflase melepaskan tembakan dengan senjata otomatis ke arah penonton konser di Balai Kota Crocus dekat ibu kota.

Beberapa orang meninggal karena luka tembak dan lainnya akibat kebakaran besar yang terjadi di kompleks tersebut. Laporan mengatakan orang-orang bersenjata menyalakan api menggunakan bensin dari tabung yang mereka bawa di ransel. Orang-orang melarikan diri dengan panik.

Baza, outlet berita yang memiliki kontak baik di bidang keamanan dan penegakan hukum Rusia, mengatakan 28 mayat ditemukan di toilet dan 14 di tangga. “Banyak ibu ditemukan sedang memeluk anak-anak mereka,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Istri Joko Pinurbo Kenang Sosok Joko Pinurbo sebagai Pribadi yang Sederhana

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement