Advertisement

Terminal Giwangan Segera Direvitalisasi, Menhub Budi Karya Cek Langsung ke Lokasi

Lukman Nur Hakim
Selasa, 12 Maret 2024 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
Terminal Giwangan Segera Direvitalisasi, Menhub Budi Karya Cek Langsung ke Lokasi Suasana di Terminal Giwangan, Senin (3/4/2023) - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan Terminal Tipe A Giwangan Jogja, Senin (11/3/2024). Pengecekan tersebut terkait dengan kesiapan revitalisasi terminal terbesar di Jogja tersebut.

Budi mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen merevitalisasi seluruh terminal di wilayah Indonesia, salah satunya terminal Giwangan.

Advertisement

"Presiden Jokowi telah berkomitmen untuk merevitalisasi terminal-terminal di Indonesia untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat," kata Budi dalam keteranganya, Senin (11/3/2024).

Revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan layanan angkutan jalan, sehingga terminal bus tidak hanya menjadi tempat naik turun penumpang saja, tapi juga memiliki fungsi lain seperti perkantoran, tempat tinggal, hotel, pusat perbelanjaan, pusat pelayanan masyarakat, serta terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Rencananya, revitalisasi Terminal Giwangan akan dilakukan melalui dua tahap. Pentahapan ini dimaksudkan untuk menjamin pelayanan terminal tetap bisa berjalan untuk masyarakat.

Beberapa pekerjaan yang dilakukan pada tahap I antara lain persiapan dan pendahuluan, renovasi bangunan pada bagian sisi selatan, mekanikal dan elektrikal lantai II, serta penataan jalur bus double decker.

BACA JUGA: Kemenhub Ingin Rombak Terminal Giwangan, Ada Hotel hingga Area Olahraga

“Kemudian, beberapa pekerjaan yang akan dilakukan pada tahap II antara lain persiapan dan pendahuluan, renovasi bangunan pada sisi tengah dan utara, mekanikal dan elektrikal, serta pemagaran terminal,” ujar Budi.

Diketahui, Menhub Budi Karya melalukan pengcekan kebeberapa tempat di wilayah Yogyakarta, Senin (11/3/2024). Beberapa tempat yang dikunjungi adalah Stasiun Lempuyangan, Stasiun Yogyakarta, dan Terminal Giwangan.

Turut hadir pada peninjauan Direktur Prasarana Transportasi Jalan Toni Tauladan, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas III Yogyakarta Yanti Marliana, serta Korsatpel Giwangan beserta jajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Juta Rupiah Dicairkan BPJS Ketenagakerjaan buat Pekerja di Kulonprogo

Kulonprogo
| Rabu, 01 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement