Advertisement

Konferwil PWNU Jateng Diharapkan Hasilkan Kebijakan Strategis yang Sejalan dengan Pembangunan Daerah

Media Digital
Selasa, 05 Maret 2024 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Konferwil PWNU Jateng Diharapkan Hasilkan Kebijakan Strategis yang Sejalan dengan Pembangunan Daerah Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menghadiri Konferwil XVI PWNU Jateng di Gedung Aswaja Center NU Kota Pekalongan, Selasa (5/3/2024). - Istimewa

Advertisement

PEKALONGAN—Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menghadiri Konferensi Wilayah (Konferwil) XVI Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng yang digelar di Gedung Aswaja Center NU Kota Pekalongan, Selasa (5/3/2024).

"Konferwil ini merupakan momentum bagi PWNU untuk mengevaluasi serta merencanakan program dan kebijakan untuk jangka waktu lima tahun ke depan," kata Nana seusai menghadiri pembukaan acara.

Advertisement

Dia berharap, PWNU Jawa Tengah dapat menghasilkan kebijakan dan rencana strategis organisasi yang sejalan dengan program pemerintah. Khususnya terkait penanganan masalah sosial kemasyarakatan serta pembangunan daerah.

Menurut Nana, sebagai salah satu ormas terbesar, komitmen NU telah terbukti dalam mengawal pemerintah dalam mengatasi berbagai tantangan. 

NU juga sudah membuktikan loyalitas dan komitmennya terhadap nilai-nilai kebangsaan, toleransi, kehidupan yang rukun dan harmonis. Sebagai sebuah jam'iyyah, NU diharapkan terus memperjuangkan cita-citanya, menjadi pioner bagi terciptanya Islam yang membawa rahmat bagi semesta. 

"Selama ini hubungan antara NU dengan pemerintah sudah baik. Kami harap ke depan untuk terus ditingkatkan kembali. Apalagi tujuan kami sama, yaitu memberikan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Satu visi satu misi, tentunya kita akan lebih memperhatikan masyarakat," ucap Nana. 

Oleh karena itu, komunikasi harus terus dilakukan antara NU dengan pemerintah. Sebab tantangan ke depan akan semakin banyak. Mulai tantangan global, regional, nasional, hingga lokal atau daerah.

Nana menyebutkan, tantangan ke depan di tingkat Provinsi Jawa Tengah adalah penanganan sejumlah persoalan  seperti kemiskinan, kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengangguran. 

Selain itu, penanganan masalah kesehatan, pendidikan, dan kebencanaan yang tentu membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak. "Sekali lagi, Pemprov Jateng berharap dalam Konferensi Wilayah ini akan muncul gagasan-gagasan yang cerdas dari para alim ulama, masyayikh, cerdik cendekia Nahdlatul Ulama sebagai masukan kepada pemerintah," kata Nana.

BACA JUGA: Jateng Mulai Panen Raya, Pj Gubernur Jateng: Menambah Stok Beras dan Stabilkan Harga

Pada pembukaan Konferwil tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, Ketua PWNU Jateng, Rais Syuriyah PWNU Jateng, dan perwakilan PCNU se-Jawa Tengah. Hadir juga MUI Jateng, Kapolda Jateng, serta beberapa tokoh lainnya.

Dalam Konferwil itu juga akan memilih pimpinan PWNU untuk lima tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PDIP Sleman Buka Penjaringan Calon untuk Pilkada 2024, Ini Kriterianya

Sleman
| Minggu, 28 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement