Advertisement

Kabar Baik, Tol Trans Sumatera Tahap 1 Selesai Desember 2023

Alifian Asmaaysi
Minggu, 19 November 2023 - 10:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kabar Baik, Tol Trans Sumatera Tahap 1 Selesai Desember 2023 Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol ruas Bangkinang - Pangkalan tahap 1 (Tanjung Alai) sepanjang 24,7 kilometer (km) selesai Desember 2023.

Kementerian PUPR bersama dengan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) mencatat saat ini progres pembangunan Tol Bangkinang - Pangkalan tahap 1 telah mencapai 88,58%.

Advertisement

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau T Juliansyah mengatakan bahwa progres konstruksi bagian dari Tol Trans Sumatra tersebut rampung lebih cepat seiring dengan kontribusi yang diberikan oleh pemerintah.

BACA JUGA: Berikut Progres Pembangunan Tol Jogja Solo di Atas Ring Road

"Komisi V DPR RI sangat mendorong di dalam RDP-RDP. Alhamdulillah, untuk Riau lahannya bisa bebas lebih cepat sehingga konstruksinya juga bisa dipercepat, dan sejauh ini saya tidak melihat ada kendala yang signifikan," tuturnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (19/11/2023).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyampaikan apresiasinya atas kualitas pengerjaan Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan tahap 1 tersebut. Dia juga berharap jalan tol ini dapat segera dioperasikan dalam waktu dekat.

"Tadi kita lihat bersama-sama dan saya kira bagus pekerjaannya, diharapkan dalam waktu dekat tol ini bisa terealisasi sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatra Barat," terangnya.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Beroperasi di 2024, Begini Standar Pemasangan Lampu Penerangannya

Jalan Tol ruas Bangkinang - Pangkalan merupakan bagian dari ruas Tol Pekanbaru-Padang. Nantinya, jalan tol tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar utamanya di sekitar pintu masuk dan keluar jalan tol.

Adapun, proses konstruksi Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan dikerjakan oleh pelaksana PT Hutama Karya dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dengan total investasi mencapai Rp4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BKKBN Bersama Komisi IX DPR RI Gelar Sosialiasasi Cegah Stunting di Sleman

Sleman
| Jum'at, 17 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement