Advertisement

1 Keluarga WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza

Erta Darwati
Minggu, 12 November 2023 - 21:17 WIB
Arief Junianto
1 Keluarga WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza Ilustrasi masyarakat di Kota Rafah di Jalur Gaza bagian selatan membantu upaya penyelamatan para korban rentetan serangan udara Israel./Antara-Khaled Omar - Xinhua

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi mengatakan bahwa satu keluarga warga negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi dari Gaza, Palestina, Minggu (12/11/2023) sore. 

Dia mengaku mendapatkan laporan mengenai evakuasi keluarga WNI atas nama Muhammad Husein yang terdiri atas satu suami, dua anak, dan satu istri, di Gaza Selatan berhasil dilakukan. 

Advertisement

 "Sekitar pukul 18.00 WIB, saya memperoleh laporan bahwa mereka berhasil dievakuasi. Saat ini, beliau-beliau ini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi KBRI Mesir," katanya, dalam keterangan resmi, Minggu malam. 

Selanjutnya, dia menjelaskan setelah berada di Mesir, keluarga WNI tersebut akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kepulangannya ke Indonesia. 

"Selanjutnya mereka akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kembali ke Indonesia," ujar dia. 

Lebih lanjut, Retno mengatakan menjelaskan dengan dievakuasinya 1 keluarga tersebut, jumlah WNI yang masih berada di Gaza tersisa tiga orang.

BACA JUGA: OKI Beri Mandat Indonesia Menghentikan Perang di Gaza

Dia menuturkan, ketiga WNI tersebut tinggal di sekitar RS Indonesia yang ada di Gaza. Kemudian, Retno menjelaskan bahwa 3 WNI sukarelawan MER-C hingga saat ini tetap memutuskan untuk tinggal di Gaza, Palestina. 

"Sampai saat ini, beliau bertiga memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza. Kementerian Luar Negeri terus melakukan komunikasi dengan ketiga WNI tersebut dan juga dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik," tambahnya. 

Seperti diketahui, sebelumnya terdapat 10 WNI yang berada di Gaza, Palestina, terdiri dari 3 WNI sukarelawan MER-C dan 7 orang lainnya yang berasal dari dua keluarga WNI, antara lain Abdillah Onim dan Muhammad Husein. Kedua keluarga WNI tersebut kini sudah berhasil dievakuasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Masuk Awal Kemarau, BPBD DIY Pastikan DIY Tidak Perpanjang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement