Advertisement

Safari Politik di Boyolali, Gibran Rakabuming Berdialog dengan Perajin

Newswire
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 12:17 WIB
Maya Herawati
Safari Politik di Boyolali, Gibran Rakabuming Berdialog dengan Perajin Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Padepokan Turonggo Seto di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Antara - Aris Wasita

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI—Memulai safari politiknya di Boyolali, Jawa Tengah, bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) bertemu dengan para perajin di sentra industri tembaga, Desa Tumang, Cepogo.

Pada kunjungannya ke tempat produksi AA Kuningan di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Sabtu, Gibran sempat berdialog dengan sejumlah perajin dan warga setempat. Pada kesempatan tersebut, Gibran menekankan harus ada intervensi dari pemerintah untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM.

Advertisement

"Pasarnya mulai harus ada intervensi dari pemerintah. Ini 'kan sudah ada koperasinya, otomatis koperasinya harus di-support dengan alat-alat yang up to date juga," katanya. Meski demikian, kata dia, perajin juga memiliki koordinasi yang baik dengan kementerian terkait.

"Ini nanti tinggal dari koperasi, kementerian, tinggal koordinasi biar alat-alat yang dimiliki oleh perajin yang ada di sini enggak kalah dengan tempat-tempat yang punya alat-alat CNC, alat laser," katanya.

BACA JUGA: Pengembangan Pantai Trisik, Pemkab Kuloprogo Menggandeng ISI Yogyakarta

Oleh karena itu, menurut dia, sentra tembaga harus didukung karena mampu hidupi satu desa. Sementara itu, Koordinator Relawan Bolone Mase Kuat Hermawan Santoso mengatakan bahwa sebetulnya sudah ada sejumlah permintaan dari beberapa kota agar Gibran mendatangi tempat-tempat tersebut.

"Pantura Jateng, jalur tengah, dan selatan. Paling siap di jalur tengah sehingga saya pilih ini daripada meloncat pindah ke mana," katanya.

Menurut dia, tidak ada pertimbangan khusus dipilihnya Boyolali sebagai lokasi pertama safari politiknya. "Ini silaturahmi kepada masyarakat. Ini 'kan tempat produksi tembaga. Salah satu yang terkenal tembaga ekspor, apa sih problem-problemnya, Mas Wali juga harus tahu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info PPDB 2024 SMA/SMK DIY: Syarat Nilai Gabungan Jalur Prestasi Diturunkan

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement