Advertisement

Polda Kepri Pastikan Pemanggilan Ustad Abdul Somad Terkait Bentrok Rempang Hoaks

Rifki Setiawan Lubis
Senin, 18 September 2023 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Polda Kepri Pastikan Pemanggilan Ustad Abdul Somad Terkait Bentrok Rempang Hoaks Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BATAM—Setelah Habib Rizieq menjelaskan mengenai isu keterlibatan Ustadz Abdul Somad (UAS) dengan kasus bentrok di Rempang, giliran Polda Kepulauan Riau (Kepri) yang memberikan pernyataan.

Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan informasi tersebut hoaks. 

Advertisement

"Saya sudah konfirmasi dengan Dir Reskrimum Polda Kepri. Berita tersebut tidak benar. Untuk itu, kini polisi tengah mengejar pelaku yang menciptakan berita palsu tersebut," kata Pandra, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Diduga Langgar Hukum karena Kasus Rempang, UAS dan Sahabatnya Dikabarkan Dipanggil Polisi

Media sosial sempat heboh mengenai berita viral berjudul "UAS Dipanggil Polisi Pasca Bentrok Di Rempang". Langkah kita selanjutnya akan mencari pelaku dengan dukungan dari seluruh tim kekuatan multimedia Polri," katanya lagi.

Pandra meminta pihak yang mengedarkan informasi palsu tersebut harus menyerahkan diri, dan mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terpengaruh pemberitaan di media sosial, tanpa mengklarifikasinya lebih lanjut ke pihak terkait.

"Saya imbau kepada masyarakat agar jangan terpancing oleh berita yang belum tentu kebenarannya. Selalu lakukan saring sebelum sharing ketika memperoleh informasi. Hindari konflik yang merusak, dan jangan ragu melaporkan aktivitas yang mencurigakan," ungkapnya.

Baca Juga: Menteri ATR Janjikan Warga Rempang yang Direlokasi Dapat Sertifikat Hak Milik

Kisah UAS dipanggil polisi juga sempat diviralkan Habib Rizieq.  Habib Rizieq mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad (UAS) sempat mendapat panggilan polisi karena kasus di Pulau Rempang.

"Saya dengar kabar dari kawan-kawan di Batam dan Riau bahwa UAS mendapat panggilan polisi. Kita kaget," kata Rizieq dalam ceramahnya di acara Maulid Nabi Muhammad 1445 H. Namun beberapa saat kemudian, Rizieq mendapat kabar bahwa panggilan polisi itu ditujukan kepada sahabat UAS yang bernama Ustaz Burhan. 

"Ustaz Burhan ini kata UAS adalah orang baik. Dia suka kasih makan anak yatim, janda-janda, kasih makan orang miskin," tutur Rizieq dikutip dari Youtube Qolbu Aswaja, Minggu (17/9/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tol Jogja-YIA Belum Ada Kelanjutan, Warga Terdampak di Kulonprogo Mulai Resah

Jogja
| Jum'at, 14 Juni 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement