Advertisement

Ratusan Warga Sambelia Antusias Ikuti Gebyar Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa KKN-PPM UGM

Media Digital
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ratusan Warga Sambelia Antusias Ikuti Gebyar Pemeriksaan Kesehatan Mahasiswa KKN-PPM UGM Tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Melukis Sambelia mengadakan Gebyar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam salah satu rangkaian acara Festival Pesona Sambelia. - Ist

Advertisement

JOGJA—Kesehatan menjadi fondasi utama dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tak heran apabila pengecekan kesehatan secara berkala dianjurkan sesuai dengan salah satu uraian slogan CERDIK (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress) yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sebagai bentuk perwujudan kepedulian mahasiswa terhadap kesehatan masyarakat, tim tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Melukis Sambelia mengadakan Gebyar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam salah satu rangkaian acara Festival Pesona Sambelia. Acara berlangsung sukses karena masyarakat antusias mengikuti acara pemeriksaan tersebut.

Advertisement

Dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan, Izza Husna Qurrota’aina sebagai penanggung jawab kegiatan dalam KKN PPM UGM di Sambelia, Lombok Timur berharap agar masyarakat dapat mengetahui apakah terdapat Penyakit Tidak Menular, seperti hipertensi atau diabetes mellitus yang diderita oleh masyarakat. Dengan adanya pengecekan itu nantinya dapat diatasi maupun dicegah sedini mungkin. Ratusan orang hadir dalam pemeriksaan kesehatan tersebut.

Baca juga: Wow! 10.000 Penari Montro di Parangkusumo Pecahkan Rekor Muri

"Secara tidak langsung, hal tersebut juga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Sambelia," ujar Izza Husna dalam siaran pers yang diterima Harian Jogja, Sabtu (26/08/2023).

Pemeriksaan gratis

Kegiatan Gebyar Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam salah satu rangkaian acara Festival Pesona Sambelia./Ist

Izza Husna yang merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi UGM mengatakan peneriksaan kesehatan diawali dengan serangkaian wawancara terkait data diri, riwayat penyakit, serta pola hidup. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, gula darah, asam urat, kolesterol, serta tekanan darah. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Lombok Timur dan Puskesmas Kecamatan Sambelia, mahasiswa KKN PPM UGM Melukis Sambelia berhasil mengadakan Gebyar Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Kecamatan Sambelia dari sebelas desa.

Kegiatan ini berlangsung pada awal Agustus tepatnya pada Selasa (1/8/2023). Warga datang ke acara dari pagi hingga siang hari. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Berandangan, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Sasaran utama dari pemeriksaan ini adalah lansia dan orang dewasa yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit diabetes, hipertensi, dan kolesterol. Tak hanya mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan, masyarakat juga dapat berkonsultasi secara langsung dengan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lombok Timur dan Puskesmas Sambelia mengenai keluhan yang dialami. Bagi masyarakat yang mendapat hasil pemeriksaan tidak normal mendapat imbauan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan di puskesmas terdekat.

“Senang rasanya saya dapat membantu dalam pemeriksaan kesehatan ini dan melihat antusias warga yang begitu tinggi. Harapannya pemeriksaan bagi lansia dapat dilaksanakan secara rutin paling tidak dalam tiga bulan sekali,” tutur Aulia Rahma Ardiningsih, sebagai panitia gebyar pemeriksaan kesehatan.

Dengan diadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini masyarakat dapat lebih sadar dan peduli terkait kesehatannya, serta dapat mulai untuk mengikuti pola hidup sehat sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit tidak menular terutama pada lansia. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PSI DIY Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024

Jogja
| Selasa, 14 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement