Advertisement

Jokowi Bakal Pimpin 12 Pertemuan di KTT Asean September 2023

Erta Darwati
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Jokowi Bakal Pimpin 12 Pertemuan di KTT Asean September 2023 Presiden Jokowi / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sesuai jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin 12 pertemuan dalam KTT ke 23 Asean.

Hal itu diungkap oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kerja Sama Asean Kementerian luar Negeri (Kemlu) RI Sidharto R Suryodipuro memberikan informasi terkait Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke 43 Asean di Jakarta, September 2023.

Advertisement

BACA JUGA: Jokowi Ingatkan Kejagung Agar Tidak Mempermainkan Hukum

"Presiden RI akan memimpin 12 pertemuan antara tanggal 5 sampai 7 September dan ini semua akan bertempat di Jakarta Convention Center (JCC)," katanya, dalam konferensi pers, pada Jumat (11/8/2023).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa 12 pertemuan yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya yaitu, Asean Summit dalam format plenary, Asean Summit dalam format retreat, 26th Asean-China Summit, 24th Asean-Republik of Korea Summit. 

Selanjutnya, 26th Asean-Japan Summit, 11th Asean-US Summit, Asean-Kanada Summit, 26th Asean Plus Three, 20th Asean-India Summit, 3rd Asean-Australia Summit, 18th East Asia Summit, dan 13th Asean-United Nation Summit. 

"Rangkaian KTT seperti ini juga akan terjadi berbagai pertemuan bilateral di antara para pemimpin yang hadir, dan berbagai kegiatan lainnya," ucapnya.

Selain itu, Jokowi juga akan memimpin kegiatan Asean yang bersifat non-persidangan, di antaranya Opening Ceremony 43rd Asean Summit, Opening Asean-IndoPacific Forum, Gala Dinner, Social Events, serta Closing Ceremony dengan menyerahkan keketuaan Asean kepada negara berikutnya, yaitu Laos.

Dia menjelaskan bahwa KTT Asean ke-43 dalam format plenary maupun retreat akan berlangsung pada 5 September 2023.

Selain itu diperkirakan akan hadir 27 pemimpin negara, baik dari negara peserta Asean Summit maupun mitra, dan melakukan pertemuan, pada 6 September 2023.

Selanjutnya, akan digelar pula East Asia Summit dan Asean Plus Three Summit, dengan rangkaian acara yang akan diakhiri oleh Press Conference dari Presiden Jokowi, pada 7 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penimbunan Tembus Junction Sleman, Penggarapan Struktur Jembatan Tol Jogja-Solo Dikebut

Sleman
| Kamis, 16 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement