Advertisement

11 Orang Terluka Diserang Gerombolan Tawon

Taufiq Sidik Prakoso
Senin, 03 Juli 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
11 Orang Terluka Diserang Gerombolan Tawon

Advertisement

Harianjogja.com,, KLATEN–Sebanyak 11 orang warga Desa Jiwan, Kecamatan Karangnongko, Klaten, terluka akibat diserang koloni lebah atau tawon yang sarangnya jatuh, Senin (3/7/2023).

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB di tegalan Dukuh Telap Lor, Desa Jiwan, yang berada di wilayah perbatasan antara Klaten dengan Boyolali. Pelaksana Tugas (Plt) Kades Jiwan, Yulianto Dwi Nugroho, mengatakan sebelumnya ada warga yang melintas di ruas jalan di antara tegalan itu.

Advertisement

Di saat bersamaan tiba-tiba sebagian sarang lebah terjatuh bersama ribuan lebah. Ribuan lebah itu kemudian menyerang warga tersebut.

“Orangnya mungkin bingung dan kemudian datang warga untuk menolong. Tetapi juga disengat. Datang warga-warga lainnya diserang sampai lari sejauh 300 meter meninggalkan kendaraan. Ada tiga sepeda motor yang sempat ditinggal,” kata Yulianto, Senin.

Total ada 11 warga yang terluka akibat diserang tawon di Karangnongko, Klaten, itu. Mereka kemudian dilarikan ke Puskesmas terdekat. Dari 11 orang itu, tiga orang dirujuk ke rumah sakit dan sisanya diperbolehkan pulang.

Ketiga orang itu dirujuk lantaran banyaknya lebah yang menyengat. Sementara itu, peristiwa jatuhnya sarang tawon di Karangnongko itu sudah dilaporkan ke petugas Damkar Klaten.

BACA JUGA: Diduga Kepergok Berbuat Tak Senonoh, Mahasiswa KKN UGM Dipulangkan

Dua orang dibawa ke RSUP dr Soeradji Tirtonegoro dan satu orang dibawa ke RS Cakra Husada Klaten. Satu warga yang dibawa ke RS Cakra Husada Klaten kemudian diperbolehkan pulang.

Yulianto mengatakan sebelumnya tidak ada yang mengetahui keberadaan koloni lebah dengan sarang berdiameter sekitar satu meter tersebut. Keberadaan lebah tersebut baru diketahui setelah sarangnya jatuh.

Setelah dicek, ternyata sarang lebah yang serang warga di Karangnongko, Klaten, itu berada pada bagian atas pohon sonokeling setinggi 12 meter. Hanya sebagian sarang lebah yang jatuh sementara sebagian lainnya masih berada di pohon.

Posisi pohon itu berada di pinggir jalan. “Entah karena terkena angin atau burung, sebagian sarang lebah jatuh beserta ribuan lebah,” kata dia.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, menjelaskan ada tiga warga yang sempat dilarikan ke rumah sakit karena diserang tawon di Karangnongko. Dari informasi yang dihimpun, mereka masing-masing bernama Kariyem, 66, warga Desa Jiwan, Mariyadi, 40, warga Nglampar, Boyolali dan Diyas, 17, warga Desa Jiwan.

Jenis lebah di sarang raksasa itu yakni Apis dorsata atau lebah madu raksasa. “Kronologi kemungkinan sarang lebah di pohon diganggu burung hingga sebagian sarang terjatuh di pinggir jalan dan lebah menyerang warga yang melintas di jalan tersebut,” kata Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Polsek Mlati Tangkap Residivis Pencuri Ponsel

Sleman
| Kamis, 28 September 2023, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement