Advertisement

Jokowi Salat Iduladha di Jogja, Wapres Maruf Amin di Istiqlal

Dany Saputra
Kamis, 29 Juni 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jokowi Salat Iduladha di Jogja, Wapres Maruf Amin di Istiqlal Wapres Maruf Amin tiba di lantai utama Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk salat Iduladha, Kamis (29/6/2023) - Bisnis/Dany Saputra.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin dan Hj. Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah hari ini di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/06/2023). Adapun Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan salat Iduladha di Jogja.

Berdasarkan pantauan JIBI, Wapres terlihat memasuki lantai utama Masjid Istiqlal sekitar pukul 06.52 WIB. Sesampainya di saf terdepan, Wapres langsung melaksanakan salat sunnah dua rakaat.

Advertisement

BACA JUGA: Usai Salat Iduladha, Bupati Sleman Minta Hewan Kurban Segera Dipotong

Berdasarkan keterangan BPMI Setwapres, Maruf beranjak dari rumah dinas Wapres jalan Diponegoro pukul 06.30 WIB.

Kemudian, salat dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Belum tampak Menteri Kabinet Indonesia Maju atau tokoh yang ikut hadir pada salat Iduladha di Istiqlal hari ini.

Untuk diketahui, Iduladha tahun ini menjadi kali pertama diselenggarakan setelah status pandemi Covid-19 dicabut secara resmi oleh pemerintah, sebagaimana diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023 yang lalu.

Sebelumnya, Wapres sempat berpesan terkait dengan keutamaan dari ajaran Iduladha yaitu mengenai pentingnya menjunjung tinggi kemanusiaan melalui keluasan hati yang lapang, serta berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

"Iduladha mengajarkan tentang pentingnya menjunjung kemanusiaan dengan cara berbagi kebahagiaan oleh umat yang memiliki kelapangan," ucap Wapres Ma'ruf Amin melalui rilis Sekretariat Wapres, Rabu (28/6/2023).

Selain itu, Wapres ke-13 RI ini juga mencontohkan keteladanan dari Nabi Ibrahim A.S yang dikisahkan mendapatkan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail A.S, sebagai bentuk kepatuhan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Keteladanan Nabi Ibrahim A.S mengandung pesan mulia tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yang tidak bercela. Kepatuhannya kepada Allah SWT dan keikhlasannya untuk berkorban, sepatutnya menginspirasi kita untuk menjadi muslim yang utuh," pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Disbud DIY Gelar JWHF, Peringati 1 Tahun Sumbu Filosofi Jadi Warisan Budaya Unesco

Jogja
| Sabtu, 21 September 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement