Advertisement

Jangan Diam, Sandiaga Diminta Segera Respons Kasus Bule Langgar Etika di Bali

Rahmad Fauzan
Jum'at, 02 Juni 2023 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Diam, Sandiaga Diminta Segera Respons Kasus Bule Langgar Etika di Bali Rano Karno saat ditemui di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019). - Bisnis/Ria Theresia Situmorang

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno diminta merespons pemberitaan negatif mengenai turis asing di Bali. Permintaan tersebut dilayangkan oleh politisi PDIP sekaligus Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno. 

Menurut pemeran sinetron kenamaan era 1990-an Si Doel Anak Sekolahan itu, pemberitaan negatif tentang wisatawan nakal tersebut perlu direspons karena berpotensi merusak industri pariwisata di Tanah Air yang sedang berusaha bangkit dari krisis akibat pandemi Covid-19, terutama Provinsi Bali. 

Advertisement

“Mudah-mudahan ini hanya tindakan pribadi. Tapi yang saya khawatirkan kalau ini tindakan terorganisir. Impact-nya sangat luar biasa di tengah persaingan. Saya mengingatkan, minimal ada statement kementerian untuk meng-counter berita-berita itu,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Kamis (1/6/2023). 

Baca juga: Mafia Tanah Kas Desa Diduga Kelola 25 Titik Perumahan, Satpol PP: Masih Ditelusuri

Baru-baru ini, jagat maya dihebohkan dengan pemberitaan tentang adanya video turis yang merupakan warga negara asing (WNA) wanita asal Jerman yang melakukan tindakan tidak pantas di sebuah pertunjukan tarian di Pura Saraswati Ubud, Gianyar, Bali.

Terkait dengan hal tersebut, politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu meminta Sandiaga Uno beserta jajarannya agar lebih responsif dalam menindaklanjuti pemberitaan negatif yang ada. Termasuk, membuat satu tim deputi khusus.

Menanggapi hal ini, Sandiaga menyampaikan bakal mendalami usulan tersebut. Menurutnya, persoalan turis asing di Pulau Dewata memang perlu diantisipasi. Dirinya juga menyatakan telah menerima video terkait wisatawan asing nakal tersebut. "Kemenparekraf juga akan memastikan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan baik do and don'ts bukan hanya di Bali tapi juga pariwisata lain,” ujar Sandiaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement