Advertisement

Perlumya Peran Keluarga Dalam Menghadapi Demensia, Ini Penjelasan Dosen Ilmu Keperawatan UNISA Yogyakarta

Media Digital
Selasa, 30 Mei 2023 - 10:47 WIB
Jumali
Perlumya Peran Keluarga Dalam Menghadapi Demensia, Ini Penjelasan Dosen Ilmu Keperawatan UNISA Yogyakarta Peringati hari lanjut usia nasional ke-27 tanggal 29 mei 2023 dengan tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat - Ist

Advertisement

Peringati hari lanjut usia nasional ke-27 tanggal 29 mei 2023 dengan tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat” di manfaatkan Pimpinan Pusat Aisyiyah dengan menghadirkan Wakil Rektor 2 yang juga merupakan dosen  Ilmu Keperawatan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Yuli  Isnaeni, S.Kp., M.Kep., Sp.Kom.  Adapun topik yang diangkat adalah  “Dimensia dan Lansia” yang di laksanakan melalui siaran langsung di akun Instagram resmi @aisyiyahpusat, Senin (29/05).

Yuli menjelaskan bahwa demensia merupakan kondisi menurunnya cara berfikir dan daya ingat seseorang yang biasanya terjadi pada lansia diatas usia 60 tahun ke atas, kondisi ini pun dapat memengaruhi gaya hidup, aktivitas sehari-hari hingga kemampuan bersosialisasi penderitanya.

Advertisement

“Kalo di masyarakat lebih di kenal dengan pikun tapi rasanya kata tersebut kurang relevan lagi,” ungkap Yuli.

Lebih lanjut Yuli mengungkapkan perlu adanya 5 tugas peran keluarga dalam menghadapi demensia yakni pertama, mengenali masalah yang di alami oleh lansia sehingga perlu adanya pengetahuan untuk dapat memahami.

Kedua, mengambil keputusan untuk merawat dengan baik dan bermartabat; ketiga, merawat pasien demensia dengan keramahan di dalam keluarga untuk memulihkan daya ingat; keempat, mendampingi pasien demensia dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan  kelima, pemberian gizi yang seimbang  dan menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

“Berbakti terhadap  orang tua dalam Islam sering disebut birrul walidain dan hal ini sifatnya wajib,” tegas Yuli.

Ia juga menambahkan, hal tersebut juga untuk merefleksikan makna di dalam surat Al-Isra ayat 28 “Dan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari tuhanmu yang engkau harapkan, maka katakanlah kepada mereka ucapan yang lemah lembut,”

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement