Advertisement

Ahok Punya Bisnis Penginapan, di Sini Lokasinya..

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 23 Mei 2023 - 23:57 WIB
Sunartono
Ahok Punya Bisnis Penginapan, di Sini Lokasinya.. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Instagram@basukibtp

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok diketahui memiliki bisnis penginapan atau hotel di kampung kelahirannya, Belitung Timur. Penginapan yang dikenal dengan sebutan Hotel Purnama Belitung itu berada satu kawasan dengan rumah orangtuanya. 

Ahok beberapa kali menunjukkan sekilas rumah sang Ibunda dalam kanal Youtube miliknya, yaitu Panggil Saya BTP. Dalam video bertajuk 'Pulang Kampung', tampak rumah mewah berwarna krem pudar berlantai dua tampak megah dan luas. 

Advertisement

Luas rumah keluarganya itu diketahui berada di atas lahan 1 hektare yang merupakan warisan dari sang Ayah. Sebagai informasi, pria yang lahir pada 29 Juni 1966 merupakan anak pertama dari pasangan Indra Tjahaja Purnama (ayah) dan Buniarti Ningsing (ibu) yang merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia. 

Kemegahan rumah Ahok juga disertai dengan penginapan yang berada di pekarangan belakang. Sementara itu, di depannya terdapat bangunan yang dijadikan Ahok sebagai galeri batik dan pernak-pernik bertemakan dirinya. 

Properti pribadi milik Ahok itu disebut seringkali kosong karena keluarganya yang juga memiliki tempat tinggal di luar kota. Dalam beberapa kesempatan, properti tersebut menjadi destinasi wisata bagi masyarakat. 

Kanal Youtube EnjoyAja GO pada tahun 2018 lalu, menunjukkan sejumlah rombongan yang sengaja berkunjung ke rumah Ibunda Ahok meski tidak ada keluarga Ahok yang tengah menetap di bangunan tersebut. Masyarakat sengaja ingin melihat kemegahan dan keragaman batik di galeri Ahok. 

Sementara itu, Hotel Purnama Belitung yang berada di belakang rumah tersebut merupakan hotel berbintang 4 dengan ketersediaan ruang sebanyak 12 kamar. Adapun, tepat lokasinya, yakni Jalan K.A Bujang, Batu Penyu, Belitung Timur 33562. 

Fasilitas yang disediakan hotel ini cukup lengkap seperti AC, televisi, bathub, hingga tempat parkir. Adapun, hotel ini menawarkan tiga tipe kamar, yaitu standard room, superior room, dan deluxe room.

Untuk memasuki kawasan hotel ini, pengunjung akan melewati rumah masa kecil Ahok. Harga sewa kamar di hotel milik Ahok cukup variatif dengan kisaran Rp225.000 hingga Rp450.000, merujuk pada harga di situs tiket.com. 

Masih dalam sumber video yang sama, hotel ini disebut pernah menjadi tempat menginap kru film Laskar Pelangi pada tahun 2008 lalu. Kemudian, beberapa kali Ahok disebut membuka penginapan sebagai tempat penampungan warga yang kebanjiran. 

Sepak Terjang Karir Ahok

Dalam perjalanan karirnya, Ahok yang memang akrab dengan dunia politik pernah menjadi bupati di Belitung Timur dan menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Ahok mengambil S1 di Universitas Trisakti dengan jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Mineral. Pada 1989, dia mendapatkan gelar insinyur geologinya.

Ahok sempat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 2014 hingga 2017. Kemudian, pada 2019, Ahok ditunjuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Di luar politik dan pemerintahan, Ahok memiliki bisnis pengolahan pasir kuarsa di Belitung Timur, yakni PT Nurindra Eka Persada yang merupakan bibit pengembangan industri daerah Belitung Timu. Kini, kawasan tersebut dikenal sebagai Kawasan Industri Air Kelik (KIAK). 

Berdasarkan data e-LHKPN, harta kekayaan Ahok per 31 Desember 2021, yaitu senilai Rp38,5 miliar. Adapun, aset milik mantan Gubernur DKI Jakarta itu didominasi oleh tanah dan bangunan senilai Rp31,4 miliar, disusul transportasi dan mesin Rp1,2 miliar. 

Tak hanya itu, Ahok juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp1,6 miliar, surat berharga senilai Rp10,3 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp1,8 miliar, dan harta lainnya Rp894 juta. Di sisi lain, Ahok memiliki utang senilai Rp8,8 miliar. 

Di kota kelahirannya, Belitung Timur, Ahok mempunyai tanah dan bangunan seluas 20.000/1.022 meter persegi senilai Rp238,4 juta. Salah satu bangunan yang menjadi sumber kekayaan Ahok, yakni Hotel Purnama Belitung.

1684820997_d1407592-1229-45e0-bfd4-ed6dd7ae212d.

Rumah Keluarga Ahok/Youtube

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Transmigrasi, DIY Dapat Kuota 16 Kepala Keluarga

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement