Advertisement

Akhir Tahun Ini Kelar, Tol Jogja-Solo Mempercepat Perjalanan Kartasura-Ngawen Hanya 20 Menit

Taufiq Sidik Prakoso
Selasa, 16 Mei 2023 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Akhir Tahun Ini Kelar, Tol Jogja-Solo Mempercepat Perjalanan Kartasura-Ngawen Hanya 20 Menit Kondisi terkini Jalan Tol Solo-Jogja Seksi 1.1 yang akan dibuka fungsional jelang mudik lebaran 2023, Kamis (13/4 - 2023)./JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Pembangunan jalan tol Jogja-Solo di ruas Kartasura, Sukoharjo, hingga Ngawen, Klaten ditargetkan kelar akhir tahun 2023 ini. Dibukanya tol ini kelak akan mempercepat perjalanan Kartasura-Ngawen menjadi hanya 20 menit.

Selama ini jika melewati jalan Solo-Jogja, dari Kartasura sampai Ngawen membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dengan catatan arus lalu lintas lancar. Jika lewat tol dengan kecepatan maksimal 100 km/jam cukup ditempuh 20 menit.

Advertisement

Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin, mengatakan pekerjaan konstruksi jalan tol dari Kartasura sampai exit tol Karanganom di Desa Kuncen, Ceper, Klaten, ditarget selesai pada September 2023.

BACA JUGA: Bermasalah, Tanah Kas Desa di Condongcatur Dipakai Perumahan Padahal Izinnya Hotel

Ruas itu masuk dalam seksi 1.1. Sementara ruas dari Karanganom hingga exit tol Ngawen di Kecamatan Ngawen, Klaten, yang masuk seksi 1.2 yang ditargetkan selesai pada akhir 2023. “Target sampai pintu di Ngawen Desember tahun ini,” kata Amin, Senin (15/5/2023).

Soal pengoperasian jalan tol Solo-Jogja ruas Kartasura-Ngawen, Amin menjelaskan harus menunggu proses pengecekan dari tim pemerintah pusat. Pengecekan itu untuk memastikan seluruh sarana dan prasarana sudah siap dan lengkap.

Amin mengatakan ketika tol sudah dioperasikan, waktu tempuh dari Kartasura ke Klaten dan sebaliknya melalui tol kurang dari 20 menit. “Tol didesain untuk kecepatan maksimal 100 km/jam,” jelas dia.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Klaten melakukan eksekusi lahan untuk pembangunan jalan tol Solo-Jogja di wilayah Desa Pepe, Kecamatan Ngawen, Klaten, Rabu (10/5/2023). Lahan itu berada pada seksi 1.2 atau antara Kartasura hingga exit tol Ngawen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement