Advertisement

Gandeng PMI DIY, Pegadaian Gelar Aksi Donor Darah

Abdul Hamied Razak
Selasa, 09 Mei 2023 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Gandeng PMI DIY, Pegadaian Gelar Aksi Donor Darah Insan Pegadaian menggelar kegiatan donor darah di Kantor Pegadaian Area Jogja, Selasa (9/5 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai wujud kepedulian terhadap masalah kemanusiaan, Insan Pegadaian menggelar kegiatan donor darah di Kantor Pegadaian Area Jogja, Selasa (9/5/2023). Bakti sosial ini menargetkan sebanyak 150 kantong darah.

Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Nuril Islamiah mengatakan aksi donor darah tersebut dilakukan salah satunya untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) DIY dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Aksi donor darah tersebut diikuti lebih dari 122 orang Insan Pegadaian. Dia berharap sinergi dengan PMI akan terus dilakukan di tahun-tahun mendatang.

Advertisement

BACA JUGA: PMI DIY Akan Polisikan Pelaku Terkait Utang Rp7,5 M

"Kami berharap insan-insan Pegadaian bisa memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Salah satunya dengan aksi donor darah ini. Dengan mengikuti aksi donor darah ini tentu akan memberikan kemanfaatan bagi orang lain, meringankan beban orang lain," kata Nuril di sela kegiatan.

Dia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial Insan Pegadaian terhadap masyarakat sekaligus untuk menjaga kesehatan karyawan agar dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Aksi donor darah tersebut juga bagian dari rangkaian kegiatan HUT Pegadaian ke 122 pada tahun ini.

"Saya tak bosan-bosannya bilang kepada insan Pegadaian, mari bantu PMI melalui aksi donor darah, bantu masyarakat. Pegadaian bisnisnya sudah berkembang, tapi jangan lupa pengembangan UMKM, bina lingkungan tetap terus dilakukan," katanya.

Wakil Ketua PMI DIY, Haka Astana Mantika mengatakan aksi donor darah yang dilakukan oleh Insan Pegadaian bersama PMI bukan kali ini saja. Aksi tersebut dilakukan setiap tahun, hanya saja sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19. "Jadi bukan kali ini saja Insan Pegadaian melakukan aksi donor darah," kata Haka.

BACA JUGA: Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Turun, Termurah Rp565.000

Diakuinya, kebutuhan kantong darah di wilayah DIY sangat tinggi. Dalam sebulan, PMI DIY menargetkan jumlah kantong darah yang terkumpul sebanyak 3.200 kantong darah namun realisasi kebutuhannya di atas 4000 kantong darah. Selain untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Jogja dan sekitarnya, kata Haka, PMI juga bekerjasama dengan rumah-rumah sakit untuk penyediaan kantong darah yang dibutuhkan masyarakat.

"Nah selama puasa dan setelah lebaran, sesuai statistiknya, stok darah kondisinya menurun bahkan ada yang kosong karena libur lebaran. Kami pun menggandeng siapapun untuk ikut menyediakan kantong darah melalui aksi donor darah seperti ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement