Advertisement

Serangan Bom Mobil di Timur Kota Moskow Rusia Tewaskan 1 Orang

Kathleen Dewitri
Minggu, 07 Mei 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Serangan Bom Mobil di Timur Kota Moskow Rusia Tewaskan 1 Orang Gambar diambil dari video menunjukkan asap mengepul menyusul dugaan serangan drone di depot minyak di Sevastopol, Krimea, 29 April 2023. Gubernur Sevastopol Mikhail Razvozhaev via Telegram - Handout via REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Serangan bom telah terjadi di sebuah mobil yang menyebabkan seorang penulis nasionalis Rusia Zakhar Prilepin terluka dan satu orang meninggal pada Sabtu (6/5/2023).

Serangan bom tersebut membuat Rusia secara otomatis menyalahkan Ukraina. Kementerian dalam negeri mengatakan terdapat satu orang yang tewas dalam ledakan yang terjadi di wilayah Nizny Novgorod, sekitar 400 km dari timur Moskow.

Advertisement

Menurut keterangan juru bicara kementerian, seorang tersangka yang diduga melakukan aksi bom tersebut telah ditangkap.

BACA JUGA : Korban Bom Bunuh Diri Bandung 9 Orang

"Faktanya menjadi kenyataan: Washington dan NATO memberi makan sel teroris internasional lainnya, rezim Kyiv," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

Zakharova mengatakan hal tersebut merupakan tanggung jawab langsung AS dan Inggris, tetapi tidak memberikan bukti untuk mendukung tuduhan tersebut.

Dilansir dari Reuters pada Sabtu (6/5/2023), Prilepin merupakan seorang penulis novel yang dikenal sebagai pendukung lantang tindakan Rusia di Ukraina, di mana invasi Moskow ke Ukraina telah memasuki bulan ke-15. Dia merupakan eksponen pandangan nasionalis yang cukup aktif dan memiliki lebih dari 300.000 pengikut di Telegram.

Prilepin mendukung pasukan proksi Rusia di wilayah Donbas di Ukraina timur sebelum invasi skala penuh pada Februari 2022 dan memimpin unit militer di sana. Ia membual dalam wawancara YouTube pada 2019 bahwa unitnya membunuh orang dalam jumlah besar.

BACA JUGA : Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Terjadi di Bandung

"Tidak ada satu unit pun di antara batalyon Donetsk yang memiliki hasil seperti itu. Apa yang kami lakukan di sana adalah kekacauan yang keterlaluan. Tidak ada satu pun komandan lapangan yang memiliki hasil seperti yang saya alami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Gunungkidul Bidik 2 Toko Modern Berdiri Tak Sesuai Aturan

Gunungkidul
| Rabu, 24 Juli 2024, 10:42 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement