Advertisement

BMKG Catat Terjadi 7 Gempa Susulan Usai Gempa Mentawai

Szalma Fatimarahma
Selasa, 25 April 2023 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
BMKG Catat Terjadi 7 Gempa Susulan Usai Gempa Mentawai Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi tujuh kali gempa susulan setelah gempa berkekuatan Magnitudo 6,9 mengguncang Kepulauan Mentawai pukul 03.00 WIB, pada Selasa (25/4/2023). 

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui akun Twitternya @DaryonoBMKG, Selasa (25/4/2023).

Advertisement

“Hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 7 (tujuh) aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M 4,6,” tulisnya dalam akun Twitter @DaryonoBMKG, Selasa (25/4/2023). 

Sementara itu, dilaporkan bahwa gempa yang mengguncang Kepulauan Mentawai ini masuk ke dalam kategori gempa megathrust atau bidang gempa yang sangat besar yang terletak pada pertemuan lempeng samudera (Indo-Australia) dan lempeng benua (Eurasia). 

“Karakteristik Gempa Megathrust dengan mekanisme naik (thrust fault) di bidang kontak antar lempeng di kedalaman 23 km,” sambung Daryono. 

Seperti diketahui, BMKG sebelumnya melaporkan gempa bumi M 7,3 terjadi di wilayah Mentawai, Sumatra Barat tak berpotensi terjadi tsunami. Namun, BMKG mengupdate bahwa gempa yang terjadi di Mentawai, Sumbar ialah M 6,9.

Sebelumnya, pada saat terjadi gempa pukul 03.00 WIB, BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah Sumatera Utara terutama di Nias, mengingat lokasi gempa berada di Mentawai, Sumatra Barat.

Adapun, BMKG kini telah mengakhiri peringatan dini tsunami dampak gempa M 6,9 di Mentawai. Namun, Daryono menegaskan bahwa status tersebut belum dicabut yang mana menandakan bahwa potensi tsunami masih ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement