Advertisement

PT Pos Salurkan Bantuan Uang Sembako Rp38,9 Miliar

Sunartono
Minggu, 23 April 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
PT Pos Salurkan Bantuan Uang Sembako Rp38,9 Miliar Penyaluran bantuan di PT Pos Indonesia. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pos Indonesia (Persero) dipercaya menyalurkan bantuan dari pemerintah berlabel Bantuan Uang Sembako Pensiunan Pekerja PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Bantuan senilai total Rp38,9 miliar mulai disalurkan sebelum Lebaran 2023 lalu.

Ketua Satgas Bansos PT Pos Indonesia (Persero) Hendra Sari menjelaskan dana tersebut disalurkan kepada 10.112 penerima atau pensiunan Pelindo yang masing-masing menerima Rp3,8 juta. Bantuan tersebut disalurkan untuk membantu para pensiunan memenuhi kebutuhan Lebaran 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Lansia Miskin di Jogja Bakal Diberi Bansos Seumur Hidup

“Bantuan uang sembako ini telah kami salurkan sejaka 18 April 2023 lalu atau sebelum Lebaran. Sebenarnya, tenggat waktu 30 hari kalender sejak dana ditransfer kepada Pos Indonesia. Tetapi pada Kamis 20 April 2023 pensiunan bisa dibayarkan secara maksimal,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (23/4/2023).

Ia memastikan Pos Indonesia dikenal cepat dan tepat jumlah dalam setiap penyaluran bantuan. Pada penyaluran bantuan ini telah mencapai 55% hanya dalam waktu dua hari. Hingga Rabu (19/4/2023) dana yang telah disalurkan sekitar 5.600 orang penerima. Dalam penyaluran menerapkan dua pola yaitu diambil di Kantor Pos dan diantarkan langsung ke rumah penerima.

“Penerima bisa datang ke Kantor Pos terdekat membawa identitas berupa kartu peserta pensiunan dan KTP asli. Kemudian nanti penerima akan difoto sebagai bukti dana telah disalurkan. Ketika nanti menerima dana mohon dihitung, pastikan dana yang diterima utuh. Tidak ada potongan atau biaya apa pun,” katanya.

Untuk memudahkan penyaluran bantuan, Pos Indonesia memetakan lokasi pembayaran yang terdekat dengan alamat pensiunan. Sehingga meski pun penerima terdaftar di suatu kota, namun bisa mengambil di kota lain sesuai tinggalnya saat ini.

“Pola penyaluran yang kedua yakni diantarkan langsung ke rumah penerima bagi yang lansia, disabiliitas, maupun sedang sakit. Keluarga bisa menghubungi Kantor Pos terdekat untuk kemudian dana diantarkan ke rumah. Petugas harus datang ke rumah penerima karena penerima harus difoto sebagai bukti pembayaran,” ujarnya.

Ia berharap ke depan akan terus dipercaya oleh kementerian/lembaga pemerintah untuk menyalurkan beragam dana bantuan lainnya. “Karena terbukti mampu menyalurkan bantuan dengan akuntabilitas yang kuat, dengan cepat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement