Advertisement

Ratusan Pengungsi Sudan Cari Perlindungan ke Gedaref

Erta Darwati
Minggu, 23 April 2023 - 22:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ratusan Pengungsi Sudan Cari Perlindungan ke Gedaref Ratusan Pengungsi Sudan Melarikan Diri ke Gedaref, Cari Perlindungan. Citra satelit menunjukkan gedung-gedung yang terbakar dan patroli militer di timur laut Bandara Internasional Khartoum di Khartoum, Sudan, 17 April 2023. Maxar Technologies - Handout melalui REUTERS.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) mengatakan sekitar 300 orang dari Khartoum telah tiba di kota tenggara Gedaref dalam upaya melarikan diri dari pertempuran di Sudan. Para pengungsi yang melarikan diri tersebut, banyak di antaranya adalah wanita dan anak-anak. 

Koordinator komunikasi NRC di Gedaref Ahmed Omer mengatakan bahwa ratusan orang itu berusaha mempersiapkan bekal sebelum melanjutkan perjalanan. 

Advertisement

“Mereka berusaha mengumpulkan perbekalan sebelum melanjutkan perjalanan ke Port Sudan,” katanya, seperti dilansir dari Aljazeera, pada Minggu (23/4/2023). 

Menurut Omer, ratusan orang yang datang itu mengatakan tidak ada lagi tempat di ibu kota yang aman, ditambah lagi, stok bahan bakar semakin menipis dan harga makanan yang selangit.

Sementara itu, laporan dari koresponden Hiba Morgan dari Khartoum mengatakan orang-orang yang terjebak di sekitar markas militer sedang menunggu jalan yang aman untuk keluar.

“Mereka sudah kehabisan makanan dan air, dan tidak tahu sampai kapan mereka bisa terus terjebak di tempat-tempat itu,” katanya.

Lebih lanjut, salah satu mahasiswa kedokteran Nigeria Musa Ali Ibrahim di Khartoum mengatakan dia dan yang lainnya terlantar di Sudan karena kekurangan kebutuhan dasar.

“Kami terjebak di zona perang ini. Kami tidak punya makanan untuk dimakan, tidak ada air untuk diminum,” ujarnya. 

Ibrahim mengatakan mahasiswa yang tinggal di luar universitas harus datang ke kampus untuk mendapatkan makanan dan air.

“Semua toko di luar tutup. Bahkan jika Anda punya uang, tidak ada keamanan,” tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ditanya Kelanjutan Hak Angket, Begini Kata Ganjar Pranowo

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement