Advertisement

Hindari Macet Saat Mudik, Pantau CCTV di 74 Ruas Jalan Tol

Kahfi
Rabu, 19 April 2023 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Hindari Macet Saat Mudik, Pantau CCTV di 74 Ruas Jalan Tol Tangkapan layar CCTV Jalan Tol - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Untuk memantau pergerakan kendaraan dari tiap ruas jalan tol yang dilalui saat arus mudik, Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT memasang perangkat pengawasan jalan tol dengan memanfaatkan Closed Circuit Television atau CCTV.

BPJT Kemen PUPR menyediakan situs khusus untuk memantau kepadatan lalu lintas secara langsung atau real time. Lewat situs https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe, para pemudik bisa memperkirakan kepadatan, dan menyiapkan alternatif perjalanan.

Advertisement

Tidak hanya itu, kamera pantauan itupun tersebar untuk seluruh tol, baik Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatra, Tol Kalimantan, Tol Sulawesi, dan Tol Bali. Total terdapat 74 ruas yang bisa dipantau melalui CCTV.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi lonjakan arus kendaraan mulai terjadi mulai hari ini 18 April hingga 21 April 2023 saat puncak mudik Lebaran.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati sebelumnya telah mengimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal menghindari lonjakan arus kendaraan. “Lonjakan arus kendaraan diprediksi terjadi mulai 18 April sampai dengan 21 April 2023,” tutur Adita dalam siaran pers dikutip Rabu (18/4/2023).

Dia menuturkan jumlah pergerakan kendaraan yang keluar-masuk Jabodetabek hingga H-6 lebaran untuk mobil dan sepeda motor.

Jumlah mobil yang keluar Jabodetabek tercatat sebanyak 196.111 kendaraan, yang terdiri dari 123.863 kendaraan yang melewati jalan tol dan 72.248 kendaraan yang melewati jalan arteri. Sementara, pergerakan mobil yang melewati jalan arteri pada H-6 , Minggu kemarin mengalami kenaikan 50,54 persen dibanding hari normal.

Sementara itu, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) melaporkan terjadinya peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Jawa seperti Medan, Tebing Tinggi, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, hingga Bali pada 12-17 April 2023. 

Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Truly Nawangsasi mengungkapkan sebanyak 142.105 kendaraan melintasi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Angka ini meningkat 4,1 persen dibandingkan lalu lintas harian normal November 2022 sebanyak 136.515 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement