Advertisement

Untuk Perjalanan Mudik, Bus Harus Selalu Cek Kondisi Rem

Newswire
Selasa, 18 April 2023 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Untuk Perjalanan Mudik, Bus Harus Selalu Cek Kondisi Rem Sejumlah penumpang memasuki bus di Terminal Jombor, Senin (3/4/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perjalanan mudik Lebaran tak hanya ditempuh menggunakan mobil pribadi. Banyak di antara pemudik memilih naik bus. Ada yang harus diperhatikan pemilik perusahaan otobus (PO).

Head of Product Management and Marketing Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) Faustina mengingatkan bus yang akan digunakan sebagai transportasi mudik di libur Lebaran 2023 harus memiliki kondisi prima. Salah satu yang penting dilakukan untuk memastikannya adalah dengan mengecek rem.

Advertisement

”Pemilik bus harus melakukan servis rutin untuk menghadapi musim ini [perjalanan mudik Lebaran], mulai dari pengecekan performa mesin, kekuatan rem, fungsi elektrikal dan fungsi lainnya,” kata Faustina melalui keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).

Jika rem tidak dalam kondisi prima, kendaraan akan kesulitan untuk menghentikan lajunya. Saat pengendara menginjak pedal rem dan laju kendaraan tidak berhenti, maka rem dapat dikatakan mengalami rem blong dan dapat menyebabkan kecelakaan di jalan.

Sistem Rem

Menurut data dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sebanyak 90% kasus kecelakaan dengan bus dan truk terjadi karena masalah di sistem rem.

Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan rem blong. Di antaranya, jika tekanan udara pada sistem rem habis, hingga kanvas rem atau sepatu rem sudah aus dan diameter dalam tromol yang sudah melebihi limit maksimumnya.

 Rem blong juga dapat terjadi karena penyumbatan dan/atau kebocoran pada selang angin pada sistem rem.

Untuk mengantisipasi kondisi rem blong saat perjalanan mudik Lebaran, pengendara dapat melakukan pemeriksaan berkala setelah kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement