Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka saat Mudik, Segini Prediksi Volume Kendaraan yang Bakal Masuk

Afiffah Rahmah Nurdifa
Kamis, 13 April 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Tol Jogja-Solo Dibuka saat Mudik, Segini Prediksi Volume Kendaraan yang Bakal Masuk Kondisi terkini Jalan Tol Solo-Yogyakarta Seksi 1.1 yang akan dibuka fungsional jelang mudik lebaran 2023, Kamis (13/4 - 2023)./JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—PT Jasa Marga melalui anak usahanya, PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) akan membuka fungsional Tol Solo-Jogja Seksi 1.1 Solo-Klaten secara gratis pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.  

Direktur Utama PT JMM, Suchandra Hutabarat mengatakan jalan tol fungsional ini tidak akan dikenai tarif saat arus mudik Lebaran 2023. Dia memprediksi volume kendaraan yang akan melintas mencapai 800-1.000 kendaraan per hari. 

Advertisement

"Dari GT [Gerbang Tol] Colomadu itu perkiraan kami akan masuk ke sini per harinya sekitar 800-1.000 kendaraan untuk arus mudik, untuk arus balik kurang lebih sama trennya, jadi kami tetap akan memonitor dari awal jalur fungsional sampai exit nanti," kata Chandra di STA 6+100 proyek Tol Solo-Jogja, Kartasura, Kamis (13/4/2023). 

Adapun, jalan tol sepanjang 6 km itu akan difungsionalkan pada 15-24 April 2023 dari arah Kartasura menuju Sawit untuk arus mudik. Sementara, untuk arus balik pada 25 April - 1 Mei 2023 dari arah Sawit menuju Kartasura. 

Fungsional ruas Solo-Jogjauntuk arus mudik dan balik berlaku dari pintu tol Colomadu sampai dengan jalan Sawit sepanjang 6 km. Saat ini, konstruksi jalan tol terdiri dari 3,5 km rigid pavement dan 2,5 km lean concreat.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Dibuka, Kecepatan Kendaraan Maksimal 40 Kilometer Per Jam

Untuk rute mudik dan balik keluar/masuk dari GT Colomadu (ruas Solo-Ngawi) masuk ke ruang fungsional Solo-Yogyakarta keluar di exit Sawit (STA 6+000) sepanjang 800 meter ke jalan nasional Solo-Yogyakarta. 

Di sisi lain, Chandra menerangkan, Jasa Marga akan membuka jalur escape yaitu STA7+200B sepanjang 1 km ke jalan arteri untuk antisipasi terjadi lonjakan traffic ketika keluar dari exit Sawit (STA 6+000).

Direktur Pengembangan Bisnis Jasa Marga, Mohamad Agus Setiawan, mengatakan untuk menjaga keamanan perjalanan para pengendara, pihaknya memastikan sejumlah rambu-rambu lalu lintas akan terpasang pada saat tol mulai dibuka fungsional.

"Saat ini masih dalam tahap proyek dengan melengkapi rambu-rambu petunjuk di luar jalur fungsional mudik kemudian di sepanjang jalur fungsional itu pembatas lajur fungsionalnya sudah disiapkan," kata Agus dalam kesempatan yang sama.

Di sisi lain, Jasa Marga akan mempersiapkan posko Lebaran beserta petugas yang berjaga untuk kelancaran penggunaan jalan tol fungsional tersebut. Terdapat 3 Posko Pengamanan Jalur Lebaran di Exit Tol Colomadu (Sta. 0+600), Pintu Keluar Sawit (Sta. 6+100), dan traffic light Bangak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement