Advertisement

1,59 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Terjual

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Minggu, 09 April 2023 - 17:27 WIB
Jumali
1,59 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Terjual Ratusan pemudik dari Jakarta yang menggunakan Kereta Api Progo turun di di Stasiun Lempuyangan, Jogja, Rabu (27/4/2022)-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan hampir 1,6 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan masa angkutan mudik Lebaran 2023 telah terjual.

BACA JUGA: Cara Mudah Dapatkan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran

Advertisement

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, menjelaskan, berdasarkan pantauan hingga Sabtu (8/4/2023) pukul 08.30 WIB, jumlah tiket KA yang telah terjual untuk keberangkatan selama masa mudik Lebaran adalah 1.597.028 tiket. Jumlah tersebut mencakup 52 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata Joni dalam keterangan resminya, Minggu (9/4/2023).

Dia menuturkan, relasi favorit sejauh ini untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Sementara itu, untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta / Bandung). Tercatat, sejumlah perjalanan KA favorit telah mencapai tingkat okupansi 100 persen atau terisi penuh.

Secara terperinci, beberapa perjalanan tersebut adalah KA Airlangga dengan rute Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, kemudian KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), serta KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp).

Selanjutnya, KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp), KA Probowangi (Suabaya Gubeng - Ketapang pp), dan KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp).

Adapun, perjalanan KA dengan tanggal keberangkatan favorit ialah 24 April 2023 dengan keterisian mencapai 82 persen. Menyusul di belakangnya adalah keberangkatan pada 25 April dan 20 April 2023 masing-masing dengan 81 persen dan 79 persen.

Joni berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement