Advertisement

Ketum Parpol Absen saat Deklarasi Capres Anies, Ada Apa?

Surya Dua Artha Simanjuntak
Jum'at, 24 Maret 2023 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Ketum Parpol Absen saat Deklarasi Capres Anies, Ada Apa? Momen Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan menonton konser Dewa 19 di JIS - Instagram @agusyudhoyono

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAKoalisi Perubahan resmi mengumumkan dukungan ke Anies Baswedan untuk jadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Meski begitu, pengumuman itu dilakukan tanpa kehadiran para pimpinan tertinggi tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Sebagai informasi, Koalisi Perubahan terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tim Kecil yang terdiri dari perwakilan ketiga partai politik (parpol) itu resmi mengumumkan dukungan ke Anies di Sekretariat Perubahan, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (24/3/2023).

Advertisement

Tim Kecil yang mengumumkan itu adalah perwakilan Anies, Sudirman Said; Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya; Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto; Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya; Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman; dan Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf.

Willy Aditya mengatakan pengumuman pengusungan Anies kali ini tanpa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu karena memang bukan deklarasi besar-besaran.

Willy mengibaratkan, pengumuman hari ini seperti "Sumpah Pemuda" sedangkan deklarasi besar-besaran nanti akan seperti Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus.

BACA JUGA: Sejauh Mana Keterlibatan Ormas dalam Kasus Penutupan Patung Bunda Maria di Kulonprogo?

"17 Agustus-nya setelah ini. Baru nanti yang disebutkan [deklarasi besar-besaran] setelah ada wakil presiden, semua ketua umum ada," ungkap Willy di Sekretariat Perubahan, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Pada deklarasi besar-besaran itu, akan diumumkan siapa calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) yang akan diusung Koalisi Perubahan. Sekarang ini, Koalisi Perubahan hanya mengumumkan Anies sebagai capres mereka.

"Tentu untuk berbicara deklarasi secara lebih terbuka, semuanya, itu membutuhkan persiapan yang cukup matang juga. Inilah fungsi Tim Kecil ini untuk mematangkan itu," jelas Willy.

Sementara Sohibul Iman menambahkan, Tim Kecil merupakan perwakilan langsung oleh para pimpinan tertinggi NasDem, Demokrat, dan PKS. Oleh sebab itu, mereka secara sah dapat mewakili Surya Paloh, AHY, dan Syaikhu untuk mengumumkan pengusungan Anies sebagai capres dari Koalisi Perubahan.

"Jadi sebelum pertemuan ini jelas ya dikomunikasikan dengan semua ketua umum partai," ungkap Sohibul.

Bahkan, dia mengatakan sebelum pengumuman pengusungan, Anies sendiri sudah melakukan pembicaraan kepada Tim Kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement