Advertisement

Mudik Pakai Mobil Listrik, Tenang...Ada 16 SPKLU di Tol Trans Jawa dan Sumatra

Muhammad Ridwan
Rabu, 22 Maret 2023 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Mudik Pakai Mobil Listrik, Tenang...Ada 16 SPKLU  di Tol Trans Jawa dan Sumatra Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum yang lebih banyak pada tahun ini dibandingkan dengan mudik Lebaran sebelumnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan penyediaan SPKLU yang lebih banyak tahun ini guna mendukung pengguna jalan tol yang menggunakan kendaraan listrik saat mudik yang diprediksi lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Advertisement

"Kita tahun ini ada 16 SPKLU di Trans Jawa dan Trans Sumatra, jadi ini meningkat dari tahun lalu 3-4," ujarnya di Jakarta Selasa (21/3/2023).

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan lima stasiun pengisian kendaraan listrik umum di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa. 

Dirut PT Jasamarga Related Business Dian Takdir menjelaskan, stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) tersebut tersebar di Rest Area Travoy 207A Palikanci, Rest Area Travoy 379A Batang-Semarang, Rest Area Travoy 389B Batang-Semarang, Rest Area Travoy 519A Solo-Ngawi, Rest Area Travoy 519B Solo-Ngawi. 

"Menjelang mudik Hari Raya Idulfitri 1444 H, Jasa Marga mempersiapkan SPKLU di Rest Area Travoy yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga," katanya.

Di lain pihak, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menjelaskan, pihaknya telah menghadirkan 1.000 unit stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU), 6.700 unit stasiun pengisian listrik umum (SPLU), dan 600 unit SPKLU. 

BACA JUGA: Berencana Hilangkan Jejak, Heru Ingin Buang Potongan Tubuh Korban Mutilasi di Sleman ke Septic Tank

"Kami sudah pastikan di setiap rest area ada SPKLU dan juga berjalan dengan waktu kami tambah. Kalau di jalan non-tol [jalan nasional], kami juga sudah membangun suatu pemetaan jadi ke depannya bisa lewat tol bisa juga tidak lewat tol," kata Darmawan. 

Dia menegaskan, pihaknya telah melakukan pengecekan sekaligus percobaan pada mudik 2022 lalu dengan menggunakan kendaran listrik. 

Selain itu, SPKLU tersedia di rest area Tol Cipali, Tol Palimanan-Kanci (Cirebon-Semarang), Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo, Tol Sragen-Surabaya dan seluruh ruas Tol Trans Jawa lainnya hingga ke wilayah Bali yang dipastikan aman 

"Untuk yang SPBKLU ini kami bekerja sama dengan manufaktur lain agar nanti selanjutnya sampai ke Sumatra, Sulawesi, sampai ke seluruh Indonesia," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement