Advertisement

Menlu Hongaria Sebut Konflik NATO dengan Rusia Bisa Mengarah ke Perang Dunia

Erta Darwati
Rabu, 22 Maret 2023 - 07:47 WIB
Bhekti Suryani
Menlu Hongaria Sebut Konflik NATO dengan Rusia Bisa Mengarah ke Perang Dunia Direktur Pusat Komisi Luar Negeri China Wang Yi berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto di Budapest, Hongaria, 20 Februari 2023. REUTERS - Bernadett Szabo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto telah memperingatkan negara-negara NATO agar tidak terlibat dalam konflik langsung dengan Rusia

Dia mengatakan hal itu setelah melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Brussels pada Selasa (21/3/2023). 

Advertisement

"Menurut pengaturan saat ini, NATO tidak terlibat dalam perang di sekitar kita. Beginilah keadaannya sekarang. Konflik langsung antara NATO dan Rusia akan menyebabkan perang dunia lain," tulisnya di Facebook, seperti dilansir dari TASS, pada Selasa (21/3/2023). 

Sementara itu, pemerintah Hongaria mengatakan setelah dimulainya konflik di Ukraina, negaranya tidak akan mengirim bantuan senjata ke Kyiv Ukraina. Pihaknya juga menyerukan penyelesaian masalah atau konflik di Ukraina hanya dengan melalui cara damai. 

Sebelumnya, Szijjarto menekankan kembali hal tersebut pada pertemuan Menteri Luar Negeri Uni Eropa di Brussels, pada Senin (20/3/2023). 

Dia menambahkan bahwa Hongaria menolak untuk berpartisipasi dalam pendanaan bersama pasokan amunisi untuk tentara Ukraina. Sejak dimulainya konflik Rusia dengan Ukraina, negara-negara anggota NATO banyak memasok senjata ke Kyiv sebagai bantuan perang. 

BACA JUGA: Sudah Ditangkap, Pelaku Mutilasi Sleman Bekerja di Persewaan Tenda

Berbagai bantuan senjata, amunisi hingga tank dikirim dari beberapa negara NATO ke Ukraina untuk mempertahankan diri dari serangan rudal Rusia. Meski begitu, Rusia berjanji akan menghancurkan semua senjata, amunisi dan tank yang dikirim dari negara-negara NATO ke Ukraina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hari Air Sedunia, Pemkab Sleman Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon Jaga Kelestarian Alam

Sleman
| Sabtu, 22 Juni 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement