Advertisement

Dibuka Segera, Ini Panduan Mengisi Biodata UTBK SNBT 2023

Jumali
Rabu, 22 Maret 2023 - 05:47 WIB
Jumali
Dibuka Segera, Ini Panduan Mengisi Biodata UTBK SNBT 2023 Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan UTBK hari pertama di UGM, Senin (12/4 - 2021)/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 akan dimulai 23 Maret sampai 14 April 2023. Agar tidak salah langkah, para calon peserta harus memperhatikan alur pendaftarannya.

BACA JUGA: Syarat dan Tahap Pendaftaran UTBK SNBT 2023

Advertisement

Sebab, peserta SNBT hanya boleh mengikuti UTBK satu kali dan hasil UTBK pun hanya untuk menjadi satu-satunya syarat pendaftaran SNBT 2023.

Berikut cara dan alur pendaftaran UTBK SNBT 2023 dikutip dari laman SNPMB BPPP, Selasa (21/3/2023):

Login

1. Masukkan kombinasi email dan sandi yang telah didaftarkan pada akun SNPMB untuk bisa masuk ke portal SNPMB. Jika belum melakukan pendaftaran akun, kalian bisa registrasi dulu di laman https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

2. Jika sudah masuk, buka portal SNPMB dan pilih Pendaftaran UTBK SNBT

Melengkapi Biodata

1. Petunjuk Pengisian Melengkapi Biodata

- Perhatikan dengan seksama data pribadi yang ada di borang dan pastikan data tersebut adalah benar
- Isi formulir dengan lengkap dan data yang benar
- Klik Simpan dan Lanjutkan untuk menyimpan perubahan

2. Alur Melengkapi Biodata

- Anda dapat melihat data pribadi yang telah Anda isikan. Pastikan kembali data pribadi Anda sudah benar
- Bagi pemegang KIP Kuliah nonbayar biaya UTBK maka kalian dapat melihat Nomor KIP Kuliah anda dengan kotak bertulisan Terdaftar (Gratis Biaya UTBK)
- Apabila Anda pemegang KIP Kuliah bayar biaya UTBK, maka Anda dapat melihat Nomor KIP Kuliah Anda dengan kotak bertulisan Terdaftar (Bayar biaya UTBK)
- Apabila Anda bukan pemegang KIP Kuliah, maka akan muncul kotak dengan tulisan Tidak terdaftar
- Selanjutnya, jika masih ada data yang kosong Anda harus melengkapinya, seperti data orang tua/wali
- Bagi pendaftar UTBK-SNBT 2023 yang tidak mempunyai kebutuhan khusus, seperti tunanetra/buta maupun tuna daksa/lumpuh, dapat mengosongkan form Kebutuhan Khusus dan jangan mencentang kedua pilihan tersebut.
- Pastikan kalian telah mengisi seluruh data yang kosong, lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

Alur Bagi Pendaftar UTBK SNBT Kebutuhan Khusus

1. Bagi pendaftar UTBK-SNBT 2023 yang berkebutuhan khusus, seperti tunanetra/buta dan atau tunadaksa/lumpuh, harap memberi tanda centang (√) pada kotak yang tersedia.
- Peringatan:
a. Bagi yang mempunyai disabilitas tunanetra/buta, pastikan Anda mencentang pilihan di bawah ini. Jika tidak mencentang, maka Anda akan ditempatkan di ruang ujian yang tidak ada fasilitas untuk disabilitas netra.
b. Bagi yang tidak memiliki tunanetra/buta, jangan mencentang pilihan di bawah ini. Jika Anda terbukti tidak memiliki tunanetra/buta, maka Anda tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SNBT 2023.
2. Setelah anda memberi tanda centang pada pilihan Tunanetra/buta maka selanjutnya akan muncul tampilan kotak konfirmasi untuk memastikan bahwa Anda adalah penyandang disabilitas tunanetra.
3. Bagi pendafgtar UTBK-SNBT 2023 disabilitas netra/buta maka wajib mengunggah formulir Surat Keterangan Tunanetra/Buta sebagai bukti bahwa Anda penyandang disabilitas netra/buta.
4. Formulir Surat Keterangan Tunanetra/Buta dapat didapatkan dengan menekan tombol Unggah Bukti Tunanetra kemudian menekan tombol Unduh formulir, maka Anda akan mendapatkan formulir seperti pada gambar disamping.
- Cetak formulir dan isikan dengan lengkap sesuai petunjuk di dalam formulir
- Scan formulir yang telah diisi dan ditandangani oleh Kepala/Wakil Kepala Sekolah dan simpan berkas dengan format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 300 KB.
5. Anda dapat mengunggah file PDF Surat Keterangan Tunanetra/Buta yang telah diisi dan ditandangani oleh Kepala/Wakil Kepala Sekolah sesuai dengan poin nomor 4.
6. Jika ingin mengganti berkas atau mengubahnya klik Ganti Bukti Tunanetra dan unggah kembali file PDF yang benar
7. Klik Simpan dan Lanjutkan

Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata

Langkah ini merupakan konfirmasi akhir pengisian biodata pendaftar UTBK-SNBT 2023 yang telah diisi pada langkah sebelumnya. Pastikan bahwa seluruh data kalian, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra telah diisikan dengan benar karena data akan disimpan permanen. Kalian tidak dapat mengubah data yang telah disimpan permanen.

1. Alur Konfirmasi Akhir Pengisian Biodata
- Anda akan ditampilkan seluruh biodata yang telah terisi, seperti data diri, data orang tua/wali, jumlah tanggungan, dan status disabilitas netra. Mohon pastikan bahwa seluruh data yang Anda isi sudah benar.
- Jika masih ada isian yang menurut Anda belum atau tidak sesuai, Anda dapat kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Kembali pada bagian bawah halaman ini untuk mengubah isian.
- Jika Anda sudah yakin bahwa seluruh isian biodata pendaftar UTBK-SNBT 2023 benar, maka Centang Pernyataan pada bagian Simpan Permanen Biodata.
-Tekan tombol Simpan Permanen Biodata, maka Anda akan mendapat tampilan kotak konfirmasi seperti pada gambar berikut sebagai Pengecekan Akhir untuk memastikan bahwa pengisian biodata telah diperiksa dengan benar dan selanjutnya tidak dapat
diubah lagi.
- Tekan tombol Ya, Simpan Permanen! maka seluruh isian dan biodata Anda sebagai pendaftar UTBK-SNBT 2023 tersimpan secara permanen dan Anda akan mendapat tampilan berisi informasi telah menyimpan permanen biodata peserta UTBK SNBT 2023 di hari apa dan pukul berapa sehingga tidak dapat melakukan perubahan biodata lagi. Kemudian ada foto yang disampingnya ada menu Lanjutkan Memilih Program Studi. Biodata berhasil disimpan permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kronologi Lengkap Debt Collector Rampas STNK Mobil Wisatawan Jogja saat Parkir di Gembira Loka

Jogja
| Jum'at, 24 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement