Advertisement

Gegera Merapi Meletus, Polres Temanggung Kerahkan Water Canon untuk Bersihkan Abu

Newswire
Senin, 13 Maret 2023 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Gegera Merapi Meletus, Polres Temanggung Kerahkan Water Canon untuk Bersihkan Abu Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Sabtu (11 - 3 / 2023). Dok Twitter @TRCBPBDDYI

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG— Kepolisian Resor (Polres) Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), menerjunkan mobil water cannon guna membersihkan sisa-sisa abu vulkanik dari Gunung Merapi yang meletus, yang menyelimuti wilayah Kabupaten Temanggung.

Kasat Samapta Polres Temanggung, AKP Suwondo, mengatakan penyemprotan jalan dilakukan mulai dari depan Telkom hingga Alun-Alun Temanggung. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di kawasan Tugu Pancasila di Jalan Sudirman yang merupakan area publik.

Advertisement

“Kami dari Satuan Samapta Polres Temanggung diperintah oleh Kapolres Temanggung untuk penyemprotan jalan raya masuk Kota Temanggung dari arah timur terkait dengan abu vulkanik Gunung Merapi yang meletus,” katanya.

Ia menyampaikan selama dua hari, yakni Sabtu (11/3/2023) dan Minggu (12/3/2023) wilayah Kabupaten Temanggung diguyur hujan abu yang disemburkan Gunung Merapi.

Suwondo menuturkan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan akibat abu Merapi tersebut polisi hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melaksanakan penyemprotan di sepanjang jalan masuk Kota Temanggung.

“Kami melakukan penyemprotan ini agar abu atau debu tidak beterbangan dan tidak dihirup oleh masyarakat yang melaksanakan aktivitas,” katanya.

Pada Minggu, BPBD Kabupaten Temanggung juga melakukan penyemprotan di sejumlah lokasi untuk menghilangkan abu vulkanik dampak Gunung Merapi yang meletus pada Sabtu.

BACA JUGA: Suhu Panas Menyengat Tak Hanya di Jogja, Menyebar hingga Cilacap dan Purwokerto

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Toifur Hadi, menyebutkan beberapa area publik yang dilakukan penyemprotan antara lain di Masjid Agung Darussalam Temanggung, citywalk dan area DPRD Kabupaten Temanggung, dan di Terminal Madureso Temanggung.

Temanggung menjadi satu daerah di Jateng yang terdampak cukup parah abu vulkanik dari Gunung Merapi yang meletus. Selain Temanggung, hujan abu vulkanik Gunung Merapi juga dirasakan masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Kabupaten Semarang terutama di daerah Ambarawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo Khusus Libur Iduladha 15-18 Juni 2024

Jogja
| Sabtu, 15 Juni 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement