Advertisement

Begini Penampakan Rumah Dinas Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono

Nugroho Nafika Kassa
Jum'at, 10 Maret 2023 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Penampakan Rumah Dinas Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar, Adhi Pramono saat memimpin apel upacara di kantornya, Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO - Dokumentasi pribadi Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, MAKASSAR—Nama Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono menjadi sorotan di media sosial lantaran keluarganya kerap memamerkan kekayaan di media sosial.

Rumah mewah yang diduga milik Andhi Pramono yang berada di kawasan Cibubur, Jakarta Timur tak luput dari perbincangan. 

Advertisement

Bisnis-jaringan Harianjogja.com mendatangi kediaman Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono di Kompleks Perumahan Dinas Bea dan Cukai Mappaouddang di Jalan Andi Mappaodang Kota Makassar, Kamis (9/3/2023). Terlihat ada tiga orang satpam yang menjaga perumahan tersebut.

Mereka tidak mengizinkan Bisnis untuk masuk ke area perumahan, hanya menunjukkan lokasi rumah Andhi yang bisa terlihat dari ruas jalan.

Rumah dinas tersebut terlihat sederhana dengan satu lantai dan memiliki halaman yang tidak terlalu luas. Di halaman depan hanya terlihat jajaran tanaman hias yang tertata rapi dan di samping kanan rumah terdapat lahan parkir yang bisa digunakan untuk sekitar tiga mobil.

Baca juga: Polisi Beri Penghargaan Kepada Pengemudi Mobil yang Tabrak Pelaku Klitih di Magelang

Namun, ketika Bisnis menyambangi rumah dinas Andhi Pramono, tidak ada satupun kendaraan yang terlihat terparkir di lokasi tersebut. Rumahnya juga telah kosong sejak beberapa hari lalu.

Berdasarkan penuturan salah satu satpam, sehari-harinya Andhi Pramono memang tinggal di rumah ini. Dia menduga Andhi tidak punya rumah lain yang ditempati karena hampir tiap hari berada di rumah dinas ini.

"Iya beliau di sini [tinggal] biasanya. Palingan kalau keluar kota baru rumahnya kosong lagi," ungkap salah satu satpam tersebut.

Namun, dia enggan mengatakan bersama siapa Andhi tinggal di rumah ini. Meskipun, dia memastikan bahwa anaknya tidak tinggal di sini.

Sehari-harinya, Andhi juga mengendari mobil dinas ketika berkegiatan. Satpam tersebut mengatakan Andhi tidak memiliki mobil di Makassar.

"Yang saya tahu beliau ndak ada mobil di sini, sehari-hari pakai mobil dinas, mobil dinasnya juga biasa, Toyota Innova sepertinya," paparnya.

Viral

Sebelumnya, Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono viral di media sosial usai harta kekayaan berupa rumah mewah di kawasan Cibubur viral di sosial media. Berdasarkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) periode 2021, Andhi tercatat memiliki harta kekayaan yang cukup fantastis yakni senilai Rp13,75 miliar atau naik Rp143,34 juta dalam setahun.

Padahal jika merujuk pada besaran gaji seorang pegawai negeri sipil (PNS), gaji pokok terendah seorang eselon adalah sekitar Rp3 juta dan yang tertinggi sekitar Rp5 juta. Penghasilan dari gaji pokok tersebut kemudian ditambah dengan berbagai tunjangan yang diatur dalam Perpres Nomor 156 Tahun 2014 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Berdasarkan LHKPN periodik 2021, Andhi melaporkan kepemilikan 15 tanah dan bangunan yang tersebar di sejumlah lokasi di antaranya Salatiga, Batam, Bogor, Bekasi, dan Jakarta. Beberapa aset di Bogor dan Batam memiliki nilai di atas Rp200 juta.

Dia juga melaporkan kepemilikan belasan aset berupa alat transportasi dan mesin dengan total nilai Rp1.846.800. Aset tersebut terdiri dari 4 motor dan 9 mobil. Selain itu juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp706.500.000 dan surat berharga Rp2.995.829.885. Sementara itu, kas dan setara kasnya Rp1.214.508.641.

Berikut penampakan rumah dinas Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono


Rumah dinas Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono di Jalan Andi Mappaodang Makassar - Bisnis/Nugroho Nafika Kassa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal Pelayanan SIM untuk Wilayah Sleman Cek di Sini

Sleman
| Kamis, 20 Juni 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement