Advertisement

Identitas Konsultan Pajak Rafael Alun Terbongkar, Ini Profilnya

Hesti Puji Lestari
Kamis, 09 Maret 2023 - 16:27 WIB
Sunartono
Identitas Konsultan Pajak Rafael Alun Terbongkar, Ini Profilnya Mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo bersiap memberikan klarifikasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta, Rabu (1/3/2023). Bisnis - Arief Hermawan P

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Identitas siapa konsultan pajak Rafael Alun masih menjadi misteri, namun KPK mengatakan pihaknya sudah mengantongi dua nama.

Menurut keterangan KPK, konsultan pajak Rafael Alun merupakan mantan pemeriksa di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Meski demikian, konsultan keuangan tersebut saat ini tidak lagi aktif bekerja di Kemenkeu.

Advertisement

"Kami pastikan, bekas pemeriksa di Ditjen Pajak," kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2023).

BACA JUGA : Tok! Rafael Alun Trisambodo Dipecat dari ASN Kemenkeu!

Menurut kabar yang beredar, konsultan pajak Rafael Alun ini memang membuka jasa professional money launderer atau pencuci uang profesional.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan juga menambahkan jika konsultan pajak ini menjadi nominee untuk penerimaan Rafael Alun Trisambodo.

"Diduga konsultan jadi nomine untuk penerimaan RAT [Rafael Alun Trisambodo]. Nanti yang bersangkutan ambil dananya dari konsultan," ujarnya.

Terendusnya peran konsultan itu kali pertama dilaporkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Total ada dua konsultan pajak yang terlacak. "Sudah [teridentifikasi]. Yang kita dapat dua [konsultan pajak]. Kita sudah tahu namanya siapa," kata Pahala sebelumnya.

BACA JUGA : Harta Rafael Alun Rp56,1 Miliar, Berapa Punya Jokowi dan Ma'ruf Amin?

Dari kabar terakhir yang diterima JIBI/Bisnis, konsultan pajak Rafael Alun ini diduga kabur ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Erupsi Gunung Merapi, Hari Ini Luncurkan Lima Kali Guguran Lava ke Dua Sungai

Sleman
| Jum'at, 01 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement