Advertisement

Haryadi Suyuti Ingin Dipenjara di Sukamiskin, Lapas Ini Pernah Dihuni Presiden Sukarno

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 08 Maret 2023 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Haryadi Suyuti Ingin Dipenjara di Sukamiskin, Lapas Ini Pernah Dihuni Presiden Sukarno Situasi sel Setnov di Lapas Sukamiskin menjadi sorotan banyak pihak, setelah presenter kondang Najwa Shihab mewawancarai yang bersangkutan di bilik terungkunya. - Ist/Mata Najwa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mantan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti melalui kuasa hukumnya menyatakan bahwa ia ingin dihukum di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung.

“Itu permintaan beliau dan bagian dari haknya, jika permintaan dikabulkan ya alhamdulilah jika tidak ya sudah,” ujar Ketua Tim Kuasa Hukum Harryadi, Muh Yusron Rusdiono, Selasa (7/3/2023), seperti yang diberitakan Harianjogja.com sebelumnya. 

Advertisement

Berbicara seputar Sukamiskin, Lapas tersebut memang menjadi penjara bagi para koruptor. Dilansir dari berbagai sumber, lapas tersebut sudah dibangun sejak era kolonial sekitar 1918.

Sukamiskin adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Baca juga: Eks Wali Kota Jogja Haryadi Minta Dipenjara di Sukamiskin

Lapas Sukamiskin digunakan sejak 1924, salah satunya sebagai tempat hukuman bagi kaum intelektual yang dianggap melakukan kejahatan politik kepada Belanda. Presiden Sukarno merupakan salah satu tokoh yang pernah mendekam di situ.

Ir. Soekarno pernah menghuni Kamar No. 1 Blok Timur Atas. Presiden menjalani hukuman di salah satu sel dari 552 sel penjara Sukamiskin.

Bung Karno ditahan karena saat itu memiliki konflik politik dimana ia bertentangan dengan Penguasa Belanda. Kini, sel penjara yang pernah ditempati Bung Karno tersebut dijadikan sebuah museum dan diberi tulisan “Bekas Kamar Bung Karno”.

Lapas ini juga menjadi saksi atas lahirnya sebuah karya buku berjudul “Indonesia Menggugat” yang ditulis oleh Bung Karno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement