Advertisement

Kekurangan Stok Capres, KIB Lobi Parpol Lain

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 07 Maret 2023 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Kekurangan Stok Capres, KIB Lobi Parpol Lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto ( kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai pertemuan di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (1/2/2023). Pertemuan tersebut salah satunya membahas soal sistem pemilu dan kedua partai pendukung pemerintah itu menegaskan mendorong Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proposional terbuka seperti amanat Undang-Undang Pemilu. ANTARA FOTO/Reno Esnir - rwa.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy mengakui bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kekurangan stok tokoh untuk diusung jadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Dia menjelaskan, tiga capres potensial dengan elektabilitas tertinggi yaitu: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan sudah dimiliki poros koalisi lain.

Advertisement

“Realitasnya, Ganjar kader PDIP, Prabowo kader Gerindra, dan Anies nonpartai. Saat ini tidak tersedia stok bakal capres lagi yang elektabilitasnya cukup tinggi menurut survei yang bisa dicalonkan KIB,” ujar Rommy saat dihubungi, Selasa (7/3/2023).

Oleh sebab itu, ketiga partai politik (parpol) yang tergabung dalam KIB yaitu PPP, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN) terus membuka komunikasi ke parpol di luar koalisi.

“Makanya saat ini partai-partai KIB juga membuka komunikasi dengan parpol-parpol lain. Pekan lalu Partai Golkar sudah jumpa NasDem. PPP juga bertemu PDIP,” ungkapnya.

Memang, pada bulan lalu elite Gerindra menemui elite PKB dan elite NasDem. Lalu, Rommy menemui Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada pekan lalu.

BACA JUGA: Isu Tanah Ramai di Medsos, Warga Jogja Diminta Tetap Tenang dan Mengutamakan Dialog

Dia pun menegaskan, KIB realistis dengan kenyataan politik yang ada sekarang, sehingga mereka membuka komunikasi dengan NasDem yang sudah mengusung Anies, PDIP yang mempunyai Ganjar, dan Gerindra yang mengusung Prabowo.

“Kita-kita harus realistis untuk berbicara dengan parpol asal bakal-bakal capres di atas,” jelas Rommy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Sekolah 2024, Berikut Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Jogja
| Kamis, 20 Juni 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement