Advertisement

Setelah PeduliLIndungi Jadi Satu Sehat, PT KAI Imbau Penumpang Bawa Bukti Vaksin

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Kamis, 02 Maret 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Setelah PeduliLIndungi Jadi Satu Sehat, PT KAI Imbau Penumpang Bawa Bukti Vaksin Foto ilustrasi. - dok Humas Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mengimbau para pelanggan untuk dapat menunjukkan dokumen vaksin saat melakukan boarding seiring dengan perubahan aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile per 1 Maret 2023.

BACA JUGA: Tak Bawa Kartu Vaksin, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat

Advertisement

VP Public Relations KAI Joni Martinus memaparkan, dokumen vaksin tersebut dapat berupa soft copy yang ditunjukkan dari ponsel ataupun dokumen fisik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika validasi status vaksin pelanggan saat boarding mengalami gangguan pada aplikasi SatuSehat Mobile.

Dia menuturkan, KAI akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai pihak yang mengelola aplikasi SatuSehat Mobile.

"Apabila proses migrasi telah selesai semua dan integrasi dengan sistem boarding sudah seperti semula, kami akan segera sampaikan kepada masyarakat," jelasnya dikutip dari keterangan resmi, Kamis (2/3/2023).

Joni menambahkan, KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI untuk membantu proses validasi dokumen kesehatan calon pelanggan sejak 23 Juli 2021. Melalui integrasi tersebut, data vaksinasi pelanggan akan muncul pada layar komputer petugas pada saat proses boarding. Integrasi ini terwujud melalui kerja sama antara KAI dan Kementerian Kesehatan.

Integrasi data PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI bertujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan, serta untuk menghindari pemalsuan dokumen.

Adapun, syarat naik kereta api sejauh ini masih mengacu pada SE Kemeterian Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement