Advertisement

Pemerintah Jokowi Kucurkan Rp3.309 Triliun untuk Infrastruktur, Intip Proyeknya

Muhammad Ridwan
Selasa, 28 Februari 2023 - 10:17 WIB
Budi Cahyana
Pemerintah Jokowi Kucurkan Rp3.309 Triliun untuk Infrastruktur, Intip Proyeknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) - BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah telah menggelontorkan anggaran pembangunan infrastruktur sebesar Rp3.309 triliun.

Jokowi mengatakan anggaran yang dikucurkan pemerintah ditujukan untuk pemerataan pembangunan infrastruktur yang sebelumnya hanya terpusat di Pulau Jawa ke daerah lainnya.

Advertisement

Dia mengatakan bahwa pemerintah di antaranya telah menyiapkan infrastruktur untuk membuka peluang investasi mengalir ke daerah di luar Pulau Jawa.

“Infrastruktur kita sudah menghabiskan anggaran Rp3.309 triliun pergeserannya terjadi karena infrastrukturnya siap misalnya jalan tol, airport sudah siap di luar Jawa,” kata Jokowi dalam Pembukaan Rakornas PAN, Senin (27/2/2023).

Jokowi menuturkan dengan membangun infrastruktur yang merata di daerah, nantinya kawasan-kawasan strategis seperti kawasan industri, kawasan pertanian, dan kawasan pariwisata dapat saling terhubung.

Selain itu, dia menyebut dengan infrastruktur yang memadai, maka peluang investasi baru dapat masuk dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi daerah lainnya.

Jokowi menyatakan bahwa saat ini pemerintah telah mencatat pergeseran pola investasi dari yang sebelumnya terpusat di Pulau Jawa menjadi merata ke daerah-daerah di luar Pulau Jawa.

“Investasi jadi bergeser dulu 70-30 sekarang 53 persen itu di luar Jawa bukan di Jawa,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Kamis 25 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement