Advertisement

51 Ruas Jalan Rusak Dilewati Truk Proyek Tol Jogja Solo

Taufiq Sidik Prakoso
Kamis, 16 Februari 2023 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
51 Ruas Jalan Rusak Dilewati Truk Proyek Tol Jogja Solo Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Sedikitnya 51 ruas jalan di Klaten rusak akibat dilintasi truk pengangkut tanah uruk proyek pembangunan Tol Jogja Solo. Pemkab Klaten meminta ruas jalan rusak itu segera diperbaiki oleh PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) yang menjadi pengelola Tol Jogja Solo.

Jalan rusak lantaran dilintasi truk uruk tol ditargetkan mulus lagi pada Maret 2023. Bupati Klaten, Sri Mulyani, meminta perbaikan jalan rusak itu tak cuma ditambal.

Advertisement

Permintaan itu disampaikan Sri Mulyani saat ditemui wartawan seusai rapat koordinasi progres pembangunan jalan tol di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Kamis (16/2/2023) siang. Mulyani mengatakan Pemkab Klaten sudah melayangkan surat ke JMM untuk segera memperbaiki 51 ruas jalan yang rusak akibat dilintasi truk uruk tol. Kondisi kerusakannya beragam dan ruas jalan yang rusak menyebar.

Kerusakan parah salah satunya terjadi pada ruas jalan antara Wedi dan Bayat. “Sudah ada 21 ruas jalan yang ditindaklanjut [diperbaiki]. Lainnya [30 ruas jalan] tadi sudah ditegaskan agar segera diperbaiki,” kata Mulyani.

Dari rapat tersebut, JMM akan menerjunkan tim guna melakukan perbaikan ruas jalan rusak. Soal target perbaikan rampung, Mulyani meminta secepatnya. “Semoga Maret nanti jalan kondisinya sudah baik,” jelas dia.

BACA JUGA: Tanah Uruk Pembangunan Tol Jogja-Solo Dikeruk dari Gunungkidul

Mulyani meminta perbaikan jalan rusak oleh JMM atau pelaksana proyek Tol Jogja Solo tak sekadar asal ditambal. Perbaikan yang dilakukan diharapkan bisa bertahan untuk jangka waktu lama.

“Jadi bukan sekadar menambal. Tetapi menambal yang kondisinya aman dan bisa bertahan untuk jangka panjang. Jangan sampai hari ini ditambal, besok rusak lagi,” kata dia.

Mulyani menegaskan Pemkab mendukung pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) Tol Jogja Solo yang melintasi wilayah Klaten. Namun, dia berharap agar proyek pembangunan itu tak menimbulkan permasalahan untuk warga Klaten.

Dia menjelaskan JMM memiliki kewajiban untuk memperbaiki jalan yang rusak lantaran dilintasi truk pengangkut tanah uruk tol.

BACA JUGA: Jalan Umum ke Proyek Tol Jogja Solo Rusak Dilewati Truk Pengangkut Tanah Uruk, Ini Respons JMM

Di sisi lain, Mulyani menjelaskan ruas jalan kabupaten yang tak menjadi perlintasan truk uruk tol tapi mengalami kerusakan segera diperbaiki apalagi mendekati Idulfitri. Pemkab sudah menyiapkan anggaran pemeliharaan jalan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanto, mengatakan dari rapat dengan JMM, bupati meminta agar ada pengecekan kembali ruas-ruas jalan yang sudah diperbaiki.

Perbaikan yang diharapkan yakni pemeliharaan yang sifatnya secara kontinu. “Jadi tidak sekali diperbaiki kemudian selesai,” kata Suryanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Kamis 25 April 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement