Advertisement

Ada Fenomena Super New Moon, Pesisir Berpotensi Banjir Rob Sepekan

Imam Yuda Saputra
Selasa, 14 Februari 2023 - 19:17 WIB
Sunartono
Ada Fenomena Super New Moon, Pesisir Berpotensi Banjir Rob Sepekan Ilustrasi gelombang di pantai. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — Sejumlah wilayah pesisir Jawa Tengah (Jateng) berpotensi mengalami banjir pesisir atau rob selama sepekan ke depan, atau mulai 14-26 Februari 2023. Ancaman rob ini terjadi menyusul munculnya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru.

Dikutip dari siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (14/2/2023), fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru muncul bersamaan dengan perigee, atau jarak terdekat bulan ke bumi, pada Senin (20/2/2023). Fenomena alam itu pun berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut secara maksimum.

Advertisement

BACA JUGA : Waktu Menyaksikan Fenomena Supermoon Rusa di Indonesia

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir [rob] berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia,” tulis Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa siang.

Wilayah pesisir yang berpotensi mengalami rob selama fase Bulan Baru atau Super New Moon itu tidak hanya yang ada di Jateng. Namun hampir merata di seluruh wilayah pesisir Indonesia seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Banten.

Kemudian pesisir utara Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. Selanjutnya Maluku Utara, Maluku, pesisir utara Papua, dan pesisir Papua Selatan.

BACA JUGA : Supermoon Terjadi Besok, Jam Berapa dan Bagaimana Cara

“Potensi banjir pesisir [rob] ini berbeda waktu [hari dan jam] di tiap wilayah. Namun secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti bongkaar muat di pelabuhan, permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” imbuhnya.

BMKG juga meminta masyarakat memperhatikan informasi terbaru terkait cuaca maritim yang dirilis di sejumlah platform media sosial maupun jejaring Internet. BMKG juga akan melayani pertanyaan warga seputar informasi cuaca melalui contact center 021-6546315/18 atau 196.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement