Advertisement

Istimewa! Ini Penampakan Komet Hijau, Komet Langka Muncul 50.000 Tahun Sekali

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Februari 2023 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Istimewa! Ini Penampakan Komet Hijau, Komet Langka Muncul 50.000 Tahun Sekali Penampakan komet hijau

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Meskipun komet sering melintas dekat, Komet hijau C/2022 E3 (ZTF) sangat istimewa karena memiliki periode sekitar 50.000 tahun.

Itu berarti terakhir kali terbang melewati Bumi secara dekat, itu disaksikan oleh Neanderthal selama periode Paleolitik Muda di Bumi hampir 50.000 tahun yang lalu.

Advertisement

Komet hijau ZTF baru-baru ini melakukan perjalanannya ke Bumi dan berada paling dekat dengan planet tersebut pada tanggal 1 Februari, setelah itu ia melanjutkan perjalanannya lagi.

Beberapa hari yang lalu, komet hijau tersebut bertemu dengan komet terdekat lainnya yang disebut Komet C/2022 U2 (ATLAS) di dekat konstelasi Auriga. Sekarang, Komet ZTF telah ditangkap melewati Mars.

NASA merilis gambar dan penampakan komet hijau saat melintasi Mars pada tanggal 10 dan 11 Februari.

Ekor debu dan ekor ionnya masing-masing ditangkap di kanan bawah dan atas gambar. Gambar tersebut diambil oleh Donato Lioce, seorang astrofotografer Italia yang berbasis di Prancis, dari Matterhorn, sebuah gunung di Pegunungan Alpen Italia.

Tidak, Komet ZTF tidak akan menabrak Mars.

Dijuluki Komet Hijau karena koma hijau terangnya, C/2022 E3 (ZTF), bagaimanapun, melintas hampir di depan planet yang jauh lebih jauh beberapa hari yang lalu, sangat dekat dengan waktu pengambilan gambar utama.

Dua ikon langit di sini ditangkap di belakang ikon Bumi yang terkenal — Matterhorn, sebuah gunung di Pegunungan Alpen Italia dengan puncak yang indah.

Gambar latar depan dan latar belakang diambil pada malam yang sama dengan kamera yang sama dan dari lokasi yang sama.

Ekor debu putih komet terlihat di sebelah kanan koma hijau, sedangkan ekor ion biru muda terlihat di bagian atas gambar.

Oranye Mars berada jauh di depan banyak bintang latar serta nebula gelap Barnard 22 di kanan bawahnya. Meski Mars tetap terlihat di langit malam selama beberapa bulan ke depan, Komet ZTF sudah mulai memudar saat kembali ke luar Tata Surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement